Ini 8 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kesehatan Kucing Peliharaan Biar Kita Enggak Bingung

By Lana Syahbani, Selasa, 31 Januari 2017 | 09:01 WIB
Ada Hubungan Antara Gigitan Kucing dan Depresi? (Lana Syahbani)

Ketika memutuskan buat memelihara kucing, artinya kita juga mesti mengerti bagaimana cara merawat kesehatannya. Merawat kucing kita agar tetap sehat enggak ribet, kok. Hal yang pasti, kita mesti rutin membawa kucing kita untuk divaksin setiap setahun sekali, membersihkan kandang, serta memandikan si kucing. Selain harus melakukan hal-hal tadi, ada beberapa poin lainnya yang perlu kita ketahui biar enggak khawatiran terus sama kondisi kucing kita. Yuk disimak!

 

Baca juga: 10 Foto Kucing Imut dan Menggemaskan dengan Mata Paling Indah di Dunia

 

Jangan khawatir kalau kucing kita terkadang muntah. Kucing memiliki kebiasaan membersihkan dirinya dengan menjilati bulu-bulunya. Mereka jadi sering menelan bulu mereka sendiri, jadi terkadang ia memuntahkan bola bulu dalam jangka waktu tertentu. Tapi, kalau kucing kita memuntahkan kembali makanannya, ini baru harus kita waspadai.

 

Kucing enggak akan mau buang air di litter box ketika pasir sudah dipenuhi sama kotorannya. Ketika litter box sudah mulai penuh, ini saatnya kita mengganti atau membersihkan pasirnya. Kalau litter box sudah bersih tapi kucing masih buang air di sembarang tempat, kemungkinan ada yang salah sama kucing kita. Ia mencari tempat lain untuk buang air, karena merasa kesakitan ketika buang air. Jika kebiasaan ini terus terjadi, bawa kucing kita ke dokter hewan, karena kemungkinan ia mengalami infeksi.

 

Kucing kecil lebih senang bermain daripada tidur. Tapi, kucing dewasa justru punya waktu tidur yang cukup panjang. Biasanya kucing dewasa tidur selama 15-20 jam sehari. Kenali kebiasaan tidur kucing kita, berapa jam ia tidur dalam sehari. Soalnya, jika kucing tidur lebih lama dari biasanya, ada kemungkinan ia menderita anemia atau gangguan hati.

 

Baca juga: 15 Panggilan Lucu Untuk Kucing Dari Berbagai Negara