Lebih Lancar Berbahasa Inggris dengan 3 Cara Ini

By Astri Soeparyono, Rabu, 1 Februari 2017 | 07:49 WIB
Jangan lupa teguhkan niat dalam hati ya! (Astri Soeparyono)

Lancar berbahasa Inggris memudahkan kita untuk mengembangkan diri dan mengeksplorasi berbagai macam info di era digital! Berikut tiga cara mudahnya, girls.

Salah satu kendala dalam belajar berbahasa Inggris adalah penguasaan kosakata. Agar kosakata kita enggak terbatas pada kata itu-itu saja, buatlah daftar 3 kosakata baru setiap harin yang wajib kita hafalkan dan pahami. Enggak cuma dihafalkan, pakai sebagai kata ganti bahasa Indonesia yang kita gunakan setiap hari. Seperti kalau kita terbiasa mengucapkan ‘tas,’ coba ganti menjadi bag. Nantinya kita akan terbiasa dan enggak lagi kesulitan untuk menghafal kata-kata baru.

YouTube adalah sarana terbaik untuk berlatih mendengarkan dan berbicara seperti native speaker (lidah asli). Dari sini kita akan mengetahui dan memahami bagaimana cara mengeja kosakata bahasa Inggris secara lancar, yang mana kita terkadang menjadi bingung bagaimana cara membaca kosakata tertentu karena mempunyai ejaan yang sulit. Selain itu kita juga bisa menirukan ucapan mereka dan membandingkan dengan ucapan mereka. Apakah kemampuan berbicara dan pemahaman kita sudah meningkat atau belum.

Ini dia salah satu hal yang paling penting dalam proses belajar bahasa Inggris. Tingkat kelancaran kita dalam menulis menggunakan bahasa Inggris. Dengan cara menulis kita akan terlatih menggunakan kosakata baru serta melatih grammar dalam membuat kalimat. Lakukan ini sebagai rutinitas harian yang wajib dilakukan di sela-sela kesibukan sebagai pelajar atau mahasiswi.

Kita bisa lebih lancar berbahasa Inggris dengan 3 cara ini. Tapi perlu diingat kalau cara ini harus dilakukan secara konsisten agar mendapatkan hasil maksimal. Selamat mencoba!