Genre dan Tema Novel yang Akan Tren di 2017 Menurut Penulis Bernard Batubara

By Ifnur Hikmah, Rabu, 13 September 2017 | 08:45 WIB
www.instagram.com/benzbara (Ifnur Hikmah)

Setiap tahunnya, ada genre atau tema tertentu yang sering kita temukan di novel-novel yang terbit. Sebagai penulis, Bernard Batubara yang sudah menulis novel best seller Kata Hati, Milana, Jika Aku Milikmu, Elegi RInaldo dan banyak novel lainnya ini berbagi pendapat soal genre dan tema apakah yang akan sering kita temukan di tahun 2017 ini. Berikut genre dan tema novel yang akan tren di 2017 menurut penulis Bernard Batubara.

“Sebenarnya sulit memperkirakan tren buku macam apa yang bakalan terjadi tahun ini. Aku kira novel-novel roman populer masih akan banyak diterbitkan, juga novel-novel klasik. Genre misteri-kriminal barangkali bisa jadi alternatif.

“Mungkin tema keluarga akan lebih banyak diangkat, jika melihat beberapa novel yang populer di tahun 2016 (termasuk yang diangkat ke layar lebar). Tema keagamaan atau pencarian spiritual juga mungkin masih akan bermunculan.”

“Melihat kesuksesan salah satu buku puisi di tahun 2016, ‘Tidak Ada New York Hari Ini’ karangan Aan Mansyur, aku kira tahun 2017 puisi akan menarik banyak penulis muda. Lebih banyak lagi buku puisi ditulis dan diterbitkan.”