4 Pertanyaan Soal Makeup yang Selama Ini Bikin Kita Bingung Terjawab, Cek di Sini!

By Lana Syahbani, Minggu, 24 Desember 2017 | 02:30 WIB
foto: www.beautypunk.com (Lana Syahbani)

Kita memang enggak begitu paham soal dunia makeup. Di sisi lain, kita juga enggak mau mengaku atau dikira enggak ngerti soal makeup sama teman-teman.

Tenang, kamu bukan satu-satunya yang ngerasa kayak gitu.

Ngomongin soal makeup, ada beberapa hal yang memang malu buat kita tanyakan sama teman, tapi bingung juga mau tanya ke siapa.

Mungkin, di antara pertanyaan-pertanyaan yang selama ini kita pendam, jawabannya bisa ditemukan di artikel ini. Mendingan simak langsung biar enggak penasaran. Yuk!

Baca juga: Tips Dan Tutorial Meniruskan Pipi Chubby Pakai Makeup Natural

foto: www.beautypunk.com

 Kalau mau dandan ke pesta ulang tahun teman atau acara penting, kita kadang enggak mau ambil pusing milih makeup. Cukup memakai alas bedak, ditimpa bedak, plus makeup lainnya, jadi deh.

Padahal, step memakai primer perlu banget kita lakukan, lho. Primer adalah produk kecantikan yang digunakan sebelum mengaplikasikan alas bedak.

Dengan primer, foundation yang kita pakai akan menyatu dengan warna kulit, sehingga riasan jadi kelihatan lebih natural.

Cukup memakainya dengan tipis, pori-pori akan mengecil, bekas jerawat tersamarkan, makeup pun jadi lebih tahan lama.

 

foto: www.beautypunk.com

Sewaktu memakai eyeliner, terkadang bagian atas kelopak mata kita jadi ikut kena. Pada kasus lainnya, bagian bawah mata juga ikut hitam-hitam.

Biasanya, ini terjadi karena faktor bentuk kelopak mata kita. Ketika berkedip, eyeliner yang harusnya cuma menempel pada bagian bawah kelopak mata malah ikut berpindah ke atas.

Selain itu, buat kita yang memiliki kelopak mata berminyak, eyeliner akan turun dan menyebar ke bagian bawah mata. Jadi, pastikan kita memakai eyeliner yang waterproof kalau enggak mau hal ini terjadi. Tunggu juga eyeliner sampai kering sebelum kita berkedip-kedip.

Baca juga: 6 Beauty Item Wajib Punya Untuk Make-Up Natural Ala Cewek Korea Menurut Sulli

foto: www.beautypunk.com

Ada dua hal yang enggak akan pernah bersatu: foundation dan kulit berminyak. Atau, tipe makeup apapun dengan kulit berminyak.

Kalau bedak yang kita punya memiliki base minyak dan kulit kita juga berminyak, sudah bisa dipastikan bedak enggak akan menempel dengan sempurna.

Akibatnya, bedak jadi menumpuk di area hidung setelah kita menjalani aktivitas. Untuk mengakalinya, gunakan bedak yang bahan dasarnya mineral dan enggak mengandung minyak.

Intinya sih, gunakan makeup jenis apapun yang khusus untuk kulit berminyak. Kalau mau agak ribet, kita bisa menggunakan primer yang khusus buat memberikan efek mate pada wajah.

foto: www.beautypunk.com

Lingkar hitam di bawah mata bukan cuma hadir ketika kita habis bergadang ataupun kelelahan. Beberapa cewek justru mendapatkan lingkar hitam ini karena faktor genetik.

Kalau lingkar hitam ini sudah bertahan di bawah mata kita selama berminggu-minggu, kita perlu mendapatkan tidur yang cukup dan mengompres bagian bawah mata dengan kantung teh hijau.

Tapi, untuk yang memiliki lingkar hitam di bawah mata karena faktor genetik, kita bisa menggunakan concealer berwarna peach atau merah untuk mengakalinya.

Sumber: stylecaster.com