8 Rahasia Belajar Bahasa Asing Termasuk Bahasa Inggris, Secara Cepat & Efektif

By Muti Siahaan, Selasa, 4 April 2017 | 01:40 WIB
8 Rahasia Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lain Secara Cepat Dan Efektif (Muti Siahaan)

Penting banget untuk bisa menguasai bahasa asing, apalagi bahasa Inggris. Selain membuka jalan ke dunia internasional, belajar bahasa asing juga menambah nilai plus dalam diri kita.  Namun kendalanya belajar bahasa asing itu sulit. Ini bisa diatasi kalau kita mengetahui trik-triknya.

Baca juga: 6 Aku YouTube yang Mengajarkan Bahasa Perancis dengan Mudah

Selain bahasa Inggris yang merupakan bahasa paling penting dalam pergaulan internasional, kita perlu juga mempelajari bahasa asing yang lain.  Sebelum memilih bahasa yang ingin kita pelajari, kita harus suka dulu negara tersebut. Jangan memilih sekadar karena  sedang ngetrend. Misalnya sekarang yang berbau Korea sedang nge-trend, tapi kalau kita enggak suka mending jalan. Alasan seperti ini akan mudah luntur, pada akhirnya kita enggak belajar secara tuntas.

Mendengarkan lagu adalah cara paling gampang dan menyenangkan untuk belajar bahasa.  Dengan lagu kita bisa mempelajari cara melafalnya dengan benar. Apalagi kalau kita mau belajar bahasa Inggris, banyak banget lagu-lagu berbahasa Inggris yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Coba deh, dengarkan lalu kita tulis liriknya semampu pendengaran kita. Lalu bisa kita cek benar atau enggak nya lewat lirik yang ada di berbagai website.  Bisa juga sekalian kita cari artinya. Dengan ini akan menambah kosa kata bahasa Inggris. Cara ini juga berlaku untuk belajar bahasa lain seperti bahasa Perancis, Jepang, Korea atau China. Kita bisa cari di YouTube pasti banyak banget lagu-lagu dari berbagai negara non- bahasa Inggris.

 

Mirip dengan mendengarkan lagu, kita bisa belajar lewat menonton film. Cari  film-film drama yang banyak dialognya sehingga kita bisa memperhatikan cara mereka mengucapkan kalimat itu. Enggak hanya itu dari film kita juga bisa belajar banyak soal budaya negara itu. Rajin-rajin deh datang ke pusat kebudayan, disitu sering ada pemutaran film gratis. Misalnya di Japan Foundation untuk film Jepang, IFI untuk film Perancis, Goethe Institute untuk film Jerman dan banyak lagi.

Sekarang banyak banget podcast yang bisa kita download secara gratis di ponsel kita. Ketika sedang dalam perjalanan dari pada dengerin lagu, sesekali ganti dengan mendengarkan podcast. Makin cepat jago deh kita berbahasa Inggris.