"Instagram Boyfriend", Tipe Pacar Idaman 2017?

By Ifnur Hikmah, Selasa, 29 Agustus 2017 | 23:45 WIB
foto: www.sportelux.com (Ifnur Hikmah)

Di balik sebuah foto yang bagus, ada fotografer yang berusaha keras melahirkan foto tersebut. Bisa saja fotografer tersebut adalah pacar kita sendiri. Fenomena ini banyak terjadi sekarang, sehingga muncul Instagram Boyfriend, alias cowok yang sekaligus merangkap sebagai fotografer untuk pacarnya demi foto yang bagus buat di-upload di Instagram. Lebih jauh lagi, ada istilah Instagram Husband yang ditujukan buat pasangan yang sudah menikah.

Coba lihat status berikut, yang diambil dari Facebook seorang penulis yang terkenal dengan nama Vabyo.

Pernah enggak melihat hal tersebut? Atau justru pacar kita secara enggak langsung menjadi salah satu dari Instagram Boyfriend ini? Saya tersenyum sendiri ketika membaca novel Ika Natassa yang berjudul The Architecture of Love. Raia, tokoh utama cewek di sana sering upload foto-foto bagus yang dipotret oleh River, sehingga River pun dijuluki sebagai Instagram Boyfriend oleh sahabat Raia.

Jordan Joseph Ramirez pernah menulis pengalamannya sebagai seorang Instagram Boyfriend untuk pacarnya yang merupakan seorang blogger, Dani Austin. Dia punya kolom sendiri yang khusus ditujukan untuk para Instagram Boyfriend di website milik Dani, dan apa yang dia tulis berdasarkan pengalamannya sendiri. “Kamu mungkin enggak akan pernah melihat fotoku tapi aku selalu ada di balik lensa setiap momen yang kamu nikmati. Aku seseorang uang menunggu tiga menit lebih lama untuk mencicipi makanan di setiap foto #foodie. Aku mungkin enggak punya ribuan followers dan mungkin aku cuma punya tiga buah foto, tapi jangan salah karena aku ada di sini dan aku enggak sendirian,” tulis Jordan. 

Jordan mengibaratkan Instagram Boyfriend ini dalam kalimat di atas, yaitu setiap pahlawan pasti butuh pendamping. Jordan menulis, “setiap pahlawan butuh pendamping, sama seperti setiap blogger butuh seorang Instagram Boyfriend. Dan pada akhirnya, pekerjaan kita adalah untuk menjadi fans dan pendukung terbesarnya yang paling setia.”

Namun, enggak cuma blogger atau seleb medsos aja yang membutuhkan Instagram Boyfriend. Kita yang cuma punya follower ratusan bisa saja juga memiliki seseorang yang membantu kita menghasilkan foto bagus. Awalnya, bisa saja ini karena kebiasaan kita minta tolong buat fotoin sama pacar. Lama-lama, dengan sendirinya kita jadi mengandalkan pacar buat memotret kita.

“Mungkin pacarku bisa dibilang Instagram Boyfriend kali, ya. Dia memang suka fotoin aku, dan foto-foto aku di Instagram juga hasil karya dia. Karena dia fotonya bagus, jadi aku suka minta tolong ke dia awalnya. Lama-lama jadi kebiasaan. Dia enggak keberatan, sih.” (Alyssa, 20 tahun, Jakarta).

“Awalnya aku suka minta tolong pacarku buat fotoin aku kalau lagi jalan, atau kalau mau #OOTD. Ngebantu banget sih dari pada selfie melulu. Lama-lama, kalau lagi lihat tempat bagus, dia malah suka nawarin diri buat fotoin aku, he-he.” (Eva, 19 tahun, Jakarta).