5 Film yang Harus Kamu Tonton di Hari Pers Nasional

By Astri Soeparyono, Kamis, 9 Februari 2017 | 13:05 WIB
Jurnalis melakukan Wawancara (Astri Soeparyono)

Hari ini "Selamat Hari Pers Nasional" menjadi trending topic Twitter teratas di Indonesia. Ya, tepat tanggal 9 Februari 1946 silam, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) resmi didirikan. Hari Pers Nasional kemudian dirayakan bersamaan pada tanggal tersebut. Setiap tahunnya peringatan akan diadakan di kota yang berbeda. Di tahun 2017 ini giliran kota Ambon yang dipilih.

Jurnalis melakukan Wawancara
Menurut Undang Undang tentang Pers No. 40 Tahun 1999, Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memiliki, memperoleh, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, gambar dan suara, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media elektronik, media cetak dan segala jenis saluran yang tersedia.

Rumit ya? Intinya sih segala bentuk informasi yang kita konsumsi baik di media cetak pun elektronik tidak lepas dari hasil kerja dari teman-teman pers. Kalian mungkin mengenal sebutan lainnya seperti reporter, wartawan, atau jurnalis.

Dunia jurnalistik tidak semudah yang kalian bayangkan loh. Tinggal cari berita, tulis, sampaikan, lalu selesai. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sampai akhirnya berita tersebut bisa sampai ke kita. Mereka pun harus mencari berita yang bukan sembarang berita. Berita tersebut harus berdasarkan fakta, sesuai dengan etika jurnalistik, dan yang lebih penting bermanfaat bagi masyarakat.

Kalau kamu punya cita-cita bekerja di dunia jurnalistik, tidak ada salahnya mencari tahu bagaimana cara kerja jurnalis dari sekarang. Misalkan saja melakukan magang di perusahaan media. Kalian bisa bersentuhan langsung dengan dunia jurnalistik. Nah, jika hal tersebut dirasa masih sulit, coba hal yang paling mudah saja. Apa itu? Ya, menonton film bertemakan jurnalistik! Simak yuk film apa saja yang harus kamu tonton.

  1. Shattered Glass (2003)
    Jurnalis melakukan Wawancara
    Tidak membuat berita bohong adalah salah satu kode etik jurnalistik. Pada film Shattered Glass ini justru berita bohong yang membuat karir seorang wartawan The New Republic, yakni Stephen Glass melesat. Karir jurnalistiknya pun berlangsung singkat karena perbuatannya diungkap oleh editor Chuck Lane dan rekannya.  
  2. The Bang Bang Club (2010)
    Jurnalis melakukan Wawancara
    Kalau kamu tertarik dengan kerja jurnalis foto perang, maka film ini wajib kamu tonton. Film ini menceritakan empat fotografer yang dikenal dengan sebutan Bang Bang Club saat bertugas mengambil foto di Afrika Selatan pada masa Apartheid.
    Jurnalis melakukan Wawancara
    Mungkin kamu familiar dengan foto di atas. Itu adalah foto salah satu anggota Bang Bang Club Kevin Carter yang mendapatkan Pulitzer Prize. Sayangnya justru foto itu jugalah yang membuat Kevin Carter memutuskan bunuh diri.  
  3. Kill the Messenger (2014)
    Jurnalis melakukan Wawancara
    Kill the Messenger diangkat dari kisah nyata mengenai jurnalis inversitgasi Gary Webb. Ia membeberkan keterlibatan CIA dalam penyelundupan kokain ke Amerika Serikat yang dilakukan oleh organisasi pemberontak Nikaragua.  
  4. Nightcrawler (2014)
    Jurnalis melakukan Wawancara
    Dalam film ini kamu akan dikenalkan dengan istilah stringer yaitu, sebutan bagi para freelancer jurnalis. Lou Bloom adalah seorang mantan pencuri yang memutuskan untuk menjadi stringer. Ia kemudian membenarkan segala cara agar hasil rekamannya bagus dan dapat ditayangkan di stasiun televisi. Lou bahkan tidak segan-segan melakukan sabotase pada suatu kejadian kriminal yang ia rekam.  
  5. Spotlight (2015)
    Jurnalis melakukan Wawancara
    Satu lagi film yang bercerita mengenai jurnalisme investigasi. Spotlight bercerita mengenai kisah nyata tentang kasus kekerasan seksual pada anak di Boston yang dilakukan oknum pastur Katolik Roma. Penyelidikan ini dilakukan selama setahun untuk mengungkap kejahatan yang bertahun-tahun lamanya ditutupi oleh berbagai pihak.

Itu dia 5 pilihan film tentang dunia jurnalistik. Jangan lupa ajak teman-teman untuk nonton bareng ya. Lebih seru lagi kalau habis nonton kamu tulis resensi filmnya. Lumayan kan latihan nulis untuk bekal saat jadi jurnalis nanti! Jadi kamu mau tonton yang mana? :)