Kapan Payudara Kita Berhenti Tumbuh? Ini Jawabannya

By Averina Lita, Rabu, 26 April 2017 | 12:45 WIB
Kapan Payudara Kita Berhenti Tumbuh? Ini Jawabannya (Averina Lita)

Sebagai cewek, payudara adalah salah satu organ yang paling penting. Sayangnya banyak dari kita yang belum tahu informasi berhubungan dengan payudara, termasuk sampai kapan payudara kita tumbuh. Ini dia jawabannya.

Perubahan paling pertama yang terjadi sama payudara kita adalah gundukan yang mulai tampak. Buat kebanyakaan cewek, hal ini terjadi antara umur 8 sampai 13 tahun. Tapi enggak ada standar pasti menyangkut hal ini, jadi kapan waktu payudara mulai berkembang bisa bervariasi antara satu cewek dengan cewek lainnya.

Selain itu, dimulainya masa pubertas juga memengaruhi ukuran areola (daerah gelap di sekitar puting) menjadi lebih besar. Inilah saat di mana kita bisa mulai menggunakan training bra supaya puting kita enggak terlihat di balik pakaian. Kelenjar montgomery juga berkembang di bawah areola, yang kita lihat sebagai benjolan atau bintik kecil.

Selama pubertas, payudara kita terus mengalami perkembangan, baik dari segi ukuran, ukuran areola, maupun jumlah kelenjar montgomery. Saat kita berumur 18 sampai 20, biasanya payudara sudah berkembang sempurna. Tapi perlu diingat kalau ukuran payudara kita di umur 18-20 itu bukan berarti ukuran akhir payudara kita seumur hidup, girls. Perubahan hormon serta penurunan atau kenaikan berat badan juga memiliki efek terhadap ukuran payudara kita.

Dua hal utama yang membentuk payudara serta menentukan ukurannya adalah lemak dan jaringan ikat berserat. Setelah berhenti berkembang, payudara kita lebih banyak terdiri dari jaringan berserat dibanding jaringan lemak. Faktor genetik juga memegang peranan terhadap ukuran dan bentuk payudara. Jadi kalau ibu atau nenek kita punya payudara yang besar, maka kemungkinan besar payudara kita juga akan seperti itu.

Masing-masing cewek punya payudara yang berbeda bentuk dan ukurannya. Bahkan enggak ada satu cewek pun yang ukuran kedua payudaranya sama. Salah satu pasti ada yang lebih besar dibanding yang lain. Jadi jangan heran kalau waktu perubahan payudara kita beda sama yang dialami sahabat kita.