4 Pikiran Negatif Ini, Bila Dilakukan, Hanya Akan Bikin Kita Susah Dapat Pacar

By Ifnur Hikmah, Sabtu, 18 Februari 2017 | 02:32 WIB
foto: redvelvetupdates.com (Ifnur Hikmah)

Mungkin selama ini bertanya-tanya, kenapa, sih, belum dapat pacar juga? Kayaknya kita sudah melakukan banyak cara buat dekat sama cowok, tapi kok enggak ada yang berhasil ya? Yuk introspeksi diri lagi. Jangan-jangan ada tindakan kita yang bikin kita jadi susah dapat pacar, misalnya selalu dipenuhi pikiran negatif. Empat pikiran negatif ini, bila dilakukan, hanya akan bikin kita susah dapat pacar.

Lihat di sini alasan menurut science kenapa kita susah dapat pacar dan harus diubah.

Suatu kejadian membuat kita berpikir kalau semua orang seperti itu. Misalnya, kita dicuekin sama gebetan ketika jalan, dan kita berpikir kalau selamanya dia akan terus cuekin kita. Atau ketika gebetan kita menunjukkan tanda-tanda dia enggak suka sama kita, lalu kita mengambil kesimpulan kalau enggak ada satu pun cowok yang suka sama kita. Cara mengatasinya adalah dengan menekankan keyakinan kalau, “Aku enggak tahu kenapa dia enggak suka sama aku, tapi aku yakin ada cowok yang suka sama aku di masa lalu dan pasti bakalan ada cowok lain yang suka sama aku di masa depan.”

Langsung menyimpulkan sesuatu seringkali jadi kesalahan yang tanpa kita sadari kita lakukan, termasuk dalam hal PDKT sama cowok. Kita seringkali bersikap sok tahu apa yang ada di pikiran cowok. Tanpa gebetan ngomong apa-apa, kita bersikap sudah tahu apa isi hatinya dan alasan di balik sikapnya. Kadang enggak semuanya benar, dan salah-salah malah bisa menimbulkan kesalahpahaman. Karena, tanpa diomongin, kita enggak akan pernah tahu apa isi hati orang lain.

Kadang ada keadaan yang bisa bikin kita emosional. Namun, bukan berarti kita bisa puas-puasin melampiaskan emosi. Atau lebih parah, kita menunggu datangnya bencana sehingga kita bisa melampiaskan emosi. Misalnya, gebetan datang telat. Kita pun memanfaatkan momen ini untuk ngamuk di depan dia. Karena kita percaya, tindakan kecil bisa jadi bencana besar.

Apa pun yang terjadi, kita terlalu mengambil dan dimasukin ke hati. Jadinya, sering baper sendiri, deh. Termasuk sama hal-hal yang sebenarnya enggak terlalu dipikirin. Misalnya, fokus gebetan sedang mikirin hal lain ketika lagi bareng dia, kita pun berpikir kalau dia sebenarnya enggak nyaman sama kita. Kita jadi enggak bisa mikir positif, deh. Atasi hal ini dengan berpikir, “Aku enggak tahu dia sedang mikirin apa atau mengalami apa sehingga mood-nya jadi kayak gini. Aku akan menunggu sampai mood-nya berubah dan dia cerita.”