Salah Pilih Jurusan Saat Kuliah, Harus Gimana Ya? #CurhatOnCam

By Debora Gracia, Selasa, 21 Februari 2017 | 06:52 WIB
Salah Pilih Jurusan Saat Kuliah, Harus Gimana Ya? #CurhatOnCam (Debora Gracia)

Masa perkuliahan itu berbeda dengan masa waktu masih SMA, kalau SMA hanya ada dua pilihan jurusan yaitu IPA dan IPS. Nah, ketika sudah kuliah, kita akan dihadapkan dengan beragam pilihan jurusan dan itu menjadi salah satu penentu karir kita selanjutnya setelah kuliah. Ada kalanya, saat awal masa perkuliahan, kita merasa enggak cocok dengan jurusan tersebut. Kita merasa salah pilih jurusan.

Teman kita,, melalui membagi kegalauannya soal ini. Merasa awalnya salah pilih jurusan, buat Aulia dan mungkin kita yang sedang mengalami hal yang sama, ini tips ampuh untuk mengatasi kegalauan ini.

Berapa lama waktu kita kuliah? Kalau masih tahun pertama dan kedua kuliah, kata salah jurusan rasanya belum tepat kita gunakan. Kita sedang berada pada masa penyesuaian diri dari anak SMA ke mahasiswa dan itu memang butuh waktu.

Salah satu hal yang bisa jadi penyemangat kita kuliah adalah suasana yang nyaman dan menyenangkan. Kita bisa menciptakan suasana tersebut dengan memperluas pergaulan antar jurusan dan ikut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Dengan begitu, lingkungan kampus akan bikin kita merasa betah.

Kita mengeluh dengan nilai mata kuliah yang terus-menerus jelek dan menganggap kita salah jurusan. Padahal coba perhatikan lagi, apakah kita sudah belajar dengan rajin? Atau malahan kita menghabiskan waktu lebih banyak untuk bermain? Nah, coba temukan pola belajar yang tepat dan bisa membantu kita untuk semangat belajar.

Diskusi dengan senior yang sejurusan sama kita atau kakak yang lebih tua dari kita bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan kembali pikiran kita. Kita bisa mendengarkan pendapat mereka tentang jurusan yang kita pilih dan bisa jadi pikiran kita jadi lebih terbuka.

Jurusan saat kuliah memang jadi pertimbangan yang penting, jadi pastikan kita memikirkannya sematang mungkin. untuk cari tahu persiapan kuliah yang harus kita ikuti!

Dan untuk tahu jurusan kuliah apa saja yang lagi banyak peminatnya di tahun 2017.

Seleksi masuk kuliah juga mulai banyak dibuka, nah selain SNMPTN, untuk tahu 5 alternatif yang bisa kita ikuti untuk masuk perguruan tinggi idaman.

Buat kamu yang punya masalah ringan atau berat dan butuh jawaban, langsung aja posting video di Twitter dengan hashtag dan tunggu jawabannya di cewekbanget.id.