10 Istilah Barang Palsu yang Harus Kita Tahu Kalau Suka Belanja Online

By Lana Syahbani, Sabtu, 24 Maret 2018 | 11:20 WIB
15 Inspirasi Tas Transparan yang Seru Buat Dipakai Ke Sekolah (Lana Syahbani)

Belanja online mesti dilakukan secara teliti dan hati-hati. Kita enggak pernah tahu penampakan asli sebuah barang ketika membelinya dari online shop.

Di samping itu, beberapa online shop juga menjual barang-barang palsu yang kualitasnya berada di bawah barang asli.

Istilah yang digunakan buat barang-barang palsu ini cukup beragam, lho. Kita mesti memahaminya biar enggak terkecoh sewaktu membeli.

Simak selengkapnya 10 istilah barang palsu yang harus kita tahu kalau suka belanja online. Yuk!

Baca juga: 7 Cara Anti Kalap dan Tetap Hemat Saat Belanja Online

Produk yang satu ini barang resmi dari produsen atau yang membuatnya. Barang ini resmi buatan pihak pertama dan dibuat dengan kualitas yang benar-benar terjaga.

Kualitas barang mirror mirip banget sama original, mulai dari bahan, box, detail kecil, sampai nomor seri persis seperti barang original.

Tapi, harga barang mirror sendiri biasanya jauh dari barang original.

Original Equipment Manufacture (OEM) adalah produk yang memiliki kualitas setara original. Bedanya, produk ini diproduksi oleh produsen lain dengan izin dari pihak pertama yang memiliki brand.

Meskipun kualitasnya hampir sama, harga barang OEM biasanya lebih murah.

Baca juga: Ini Dia Proses di Balik Belanja Online yang Harus Kamu Tahu

China memang terkenal dengan produksi barang replikanya. Meskipun sama persis dengan aslinya, barang OC ini diproduksi di China.

Biasanya label Made In China sendiri menurunkan gengsi dari memiliki sebuah barang, karena sudah pasti barang ini bukan barang asli.

Barang dengan kualitas grade ori atau super premium ini kualitasnya menyerupai barang asli. Hanya saja, barang KW super premium kualitasnya berada satu tingkat di bawah barang asli.

Terkadang barang ini juga merupakan produk reject yang enggak memenuhi standar dan enggak lolos kontrol kualitas.

Label KW super biasanya digunakan untuk barang yang sangat mirip dengan produk original, tapi hanya bagian luarnya saja.

Misalnya, tas KW super memiliki bahan dalam yang enggak sama kayak barang original atau jersey bola yang kelihatannya persis yang asli, tapi bahannya lebih kasar.

Istilah ini biasanya digunakan ketika membeli tas berbahan kulit. Tas dengan kualitas KW super AAA ini terbuat dari kulit sapi impor yang bagus, sehingga enggak gampang tergores.

Bahan kulitnya pun halus dan enggak gampang berubah warna. Tas dengan kualitas ini dilengkapi sama aksesori original, kayak dust cover, certificate card, booklet, nomor serial, dan paper bag.

Baca juga: 4 Jenis Toko Online yang Perlu Kita Tahu

Masih istilah yang digunakan ketika beli tas, barang dengan kualitas KW super B ini memiliki kualitas bahan, jahitan, dan warna yang agak beda dari yang kualitas KW super AAA.

Detail pun jadi hal yang kurang diperhatikan untuk barang KW super B. Harga tas kualitas KW super B lebih rendah dari barang KW super AAA.

Barang KW super biasanya masih menggunakan bahan-bahan yang sama dengan produk original pada bagian luar.

Hal ini lah yang membedakan barang KW super dan KW semi super. Biasanya bahan luar barang KW semi super enggak sepenuhnya mirip sama aslinya. Misalnya, ketika sebuah tas asli memakai bahan kulit sapi, barang KW semi super bahannya diganti dengan bahan kulit lain, misalnya kulit domba.

Produk KW dijual dengan harga yang sangat murah, tapi kualitasnya jauh dari barang original. Biasanya, barang KW hanya serupa dari fisiknya saja.

Angka di belakang label KW merupakan tingkatan kualitas tiruan. Semakin buruk kualitasnya, semakin tinggi juga label KW sebuah barang.