Keseruan di Women's March Jakarta. Penting, Bermakna & Bukan Asal Ikut-kutan!

By Aisha Ria Ginanti, Rabu, 8 Maret 2017 | 10:43 WIB
Keseruan di Women's March Jakarta. Penting, Bermakna & Bukan Asal Ikut-kutan! (Aisha Ria Ginanti)

Sabtu, 4 Maret 2017 lalu, lebih dari 700 orang turun di jalanan Jakarta untuk menggelar Women's March Jakarta. Aksi ini bukan aksi asal ikut-ikutan tapi merupakan wujud kepedualian orang-orang untuk menghilangkan diskriminasi berdasarkan gender, ras, agama atau apa pun dan mewujudkan Indonesia yang menghargai kesetaraan gender, perbedaan dan keberagaman.

Ada 8 tuntutan yang disampaikan di Women's March Jakarta ini: 1. Menuntut Indonesia kembali ke toleransi dan keberagaman; 2. Menuntut pemerintah mengadakan infrastruktur hukum yang berkeadilan gender; 3. Menuntut pemerintah dan masyarakat memenuhi hak kesehatan perempuan dan menghapus kekerasan terhadap perempuan; 4. Menuntut pemerintah dan masyarakat melindungi lingkungan hidup dan pekerja perempuan; 5. Menuntut pemerintah membangun kebijakan publik yang pro-perempuan dan pro-kelompok marginal lain, termasuk perempuan difabel; 6. Menuntut pemerintah dan partai politik meningkatkan keterwakilan dan keterlibatan perempuan di bidang politik; 7. Menuntut pemerintah dan masyarkat menghormati dan menghapus diskriminasi terhadap kelompok LGBT; 8. Menuntut pemerintah dan masyarkat lebih memperhatikan isu global yang berdampak pada perempuan, serta membangun solidaritas dengan perempuan di seluruh dunia.

Yang pasti aksi ini adalah aksi yang seru, keren dan pastinya bermakna banget! Bukan asal ikut-ikutan, lho. Cek aja keseruan kru Cewekbanget.id dan para peserta Women's March Jakarta lainnya di video ini. Yuk!