8 Drama Korea yang Menyorot Soal Mental Health dan Penyakit Psikologis Lainnya

By Ifnur Hikmah, Minggu, 6 Mei 2018 | 10:00 WIB
foto: drakor-id (Ifnur Hikmah)

Tema drama Korea memang makin beragam. Salah satunya mengangkat soal penyakit kejiwaaan dan penyakit psikologis. Dulu mungkin hal ini termasuk tabu tapi sekarang sudah banyak drama Korea yang menyoroti hal ini. Ketika menontonnya juga membuat kita belajar banyak dan lebih peduli nih soal kesehatan kejiwaan. Berikut 8 drama Korea yang menyorot soal mental health dan penyakit kejiwaan lainnya.

Lihat di sini rekomendasi drama Korea bertema misteri psikologi yang seru banget buat ditonton.

Yoon Seo Jung yang diperankan oleh Seo Hyun Jin diceritakan mengalami PTSD atau Posttraumatic Stress Disorder. Hal ini dialaminya setelah kecelakaan yang menewaskan tunangannya. Hal ini membuatnya sering berhalusinasi mendengar suara mantan pacarnya yang sering muncul dan menyalahkan dirinya sebagai penyebab kecelakaan itu. Di salah satu episode digambarkan kalau Seo Jung mencoba untuk bunuh diri karena enggak bisa mengontrol dirinya akibat halusinasi tersebut.

PTSD juga digambarkan di drama The K2, lewat tokoh Kim Jeha. Kematian cewek yang dicintainya dan dituduh membunuh cewek itu membuat Kim Jeha mengalami trauma. DI sisi lain ada Go Anna, yang diperankan oleh YoonA. Sebagai anak yang disembunyikan sejak kecil dan kehilangan ibunya dalam keadaan tragis membuat Anna mengalami social phobia. Dia lebih sering menyendiri dan langsung diserang panik kalau ada cahaya terang menyorotinya.

Drama ini memang berlatar psikologi dan kesehatan. Ada banyak masalah psikologis yang dibahas di drama ini. Karakter utamanya, Ji Hae Soo yang diperankan oleh Gong Hyo Jin menderita Genophobia, yaitu ketakutan enggak beralasan terhadap seks. Hal ini disebabkan oleh pengalaman traumatis di masa kecil.

Di sisi lain ada Jang Jae Yeol yang mengidak schizoohrenia yang juga disebabkan oleh trauma masa kecil. Akibatnya dia tumbuh jadi seseorang yang menderita OCD dan berhalusinasi, yang membuatnya melihat sosok remaja cowok. Sebenarnya sosok itu enggak ada, melainkan dibentuk sendiri oleh Jang Jae Yeol dan mencerminkan dirinya di waktu masih muda.

Penyakit psikologis lain yang dibahas di drama ini adalah Tourette Syndrome, lewat karakter Park Soo Kwang yang diperankan oleh Lee Kwang Soo. Penderita penyakit ini sering mengalami gerakan atau ribut yang sebenarnya enggak dikehendakinya dan susah dikontrol.

Joo Won mendapat tantangan berat ketika main drama Good Doctor ini. Soalnya dia harus memerankan karakter yang menderita Savant Syndrome, yaitu penyakit mental yang membuat seseorang jadi sangat cerdas dan bisa melakukan hal yang dirasa enggak mungkin terjadi pada seseorang. Joo Won sendiri memerankan Park Shi On, dokter yang enggak bisa berbaur dengan orang banyak tapi sebenarnya dia dokter yang jenius banget. Di drama ini, kita bisa mengikuti Shi On dalam membuktikan dirinya bisa jadi dokter yang berkualitas, sekaligus proses adaptasi antara dirinya dan lingkunganya.

Drama ini mengangkat cerita soal split personality atau disebut juga dengan Dissociative Identity Disorder, yaitu seseorang yang memiliki beberapa kepribadian. Di Kill Me Heal Me diceritakan kalau Cha Do Hyun memiliki tujuh kepribadian. Split personality ini terjadi akibat pengalaman traumatis di masa lalu, yang membuat dia membentuk kepribadian baru untuk melindungi dirinya.