Enggak Mau Kalah dari Avengers, 10 Binatang Ini Juga Punya Superpower

By Averina Lita, Rabu, 15 Maret 2017 | 07:53 WIB
Enggak Mau Kalah dari Avengers, 10 Binatang Ini Juga Punya Superpower. Foto: tumblr (Averina Lita)

Coba bayangin, gimana jadinya kalau ada tim superhero kayak Avengers, tapi isinya bukan manusia setengah dewa yang bawa palu, cowok dari zaman dulu yang punya tenaga super, atau cowok kaya dan pintar dengan kostum robot bisa terbang, melainkan sekumpulan binatang. Soalnya enggak mau kalah dari Avengers, 10 binatang ini juga punya superpower. Bahkan katanya mereka jadi inspirasi buat karakter yang diciptakan oleh para penulis komik superhero Marvel, lho! Jadi penasaran… sehebat apa sih mereka?

Baca juga:

Mirip kayak Deadpool, ada beberapa binatang yang bisa menyembuhkan luka fatal dan memperbaiki anggota tubuh mereka yang rusak. Contohnya kayak cicak yang bisa menumbuhkan kembali ekornya, hiu bisa menumbuhkan kembali giginya, dan laba-laba yang bisa menumbuhkan kembali kakinya. Tapi axolotl bisa dibilang sebagai juaranya dalam menyembuhnya diri sendiri. Binatang imut ini bisa menumbuhkan kembali struktur fital dan tambahan tubuhnya mulai dari ekor sampai orang dalam yang hilang atau rusak cuma dalam hitungan bulan. Bahkan pernah ditemukan axolotl yang menumbuhkan kembali bagian otaknya yang rusak. Jangan buru-buru tepuk tangan dulu, girls. Axolotl juga bisa melakukan transplantasi bagian tubuhnya ke axolotl lain!

Bentuknya yang aneh dengan paruh bebek serta ekor dan kaki berang-berang, bikin binatang ini sempat dikira hoax saat awal ditemukan. Ternyata keanehan binatang ini bukan sebatas penampilan fisiknya doang. Platipus adalah satu-satunya mamalia yang bisa melacak keberadaan mangsa mereka dengan kemampuan electrolocation. Dengan mengandalkan gerakan kontraksi otot, mereka bisa mencari keberadaan mangsa. Indra keenam mereka ini sangat kuat dan bisa diandalkan, bahkan saat mereka menutup mata, hidung, dan telinga sekalipun. Makanya mereka bisa menyelam sambil tetap cari mangsa.

Baca juga:

Ingat sama karakter gurita bernama Hank di film Finding Dory? Ternyata gurita yang bisa mengganti warna dan bentuk tubuh ini benar-benar ada. Gurita penyamar menggunakan cara bertahan hidup mimikri, mirip kayak chameleon yang bisa berganti warna kulit atau ikan buntal yang bisa mengubah bentuk badan supaya terlihat kayak benda lain atau lebih besar ukurannya. Yang spesial adalah gurita ini bisa berubah jadi hewan air lain sampai ke detail terkecilnya, mulai dari ubur-ubur, kepiting, bahkan ular laut! Belum diketahui berapa banyak spesies yang bisa mereka tiru, tapi yang tercatat bisa sampai 15 spesies yang semuanya beracun.

Klik halaman berikutnya untuk cari tahu binatang lain yang punya superpower, yuk!