Takut Pacaran dengan Cowok yang Lebih Muda... Sebaiknya Harus Gimana, Ya?

By Debora Gracia, Kamis, 16 Maret 2017 | 09:30 WIB
Takut Pacaran dengan Cowok yang Lebih Muda... Sebaiknya Harus Gimana, Ya? (Debora Gracia)

Jatuh cinta itu enggak bisa ditentukan kapan, sama siapa, dan berapa lama akan berlangsung. Semua terjadi begitu saja tanpa memandang dengan siapa kita akan jatuh cinta. Tidak peduli apa kah awalnya kita hanya berteman biasa dengan dia atau malahan musuhan (hmm, dari benci jadi cinta nih!) yang namanya perasaan itu enggak bisa ditutup-tutupi.

Tapi bagaimana persoalannya kalau kita dan cowok yang kita suka terbentur permasalahan usia? Andaikan kita sekarang duduk di kelas 3 SMA dan cowok tersebut adalah adik kelas kita yang masih kelas 1 SMA. Timbul rasa gelisah, apa kah sebaiknya dilanjutin saja hubungannya ke tahap pacaran atau putus di tengah jalan?

Umumnya, berarti enggak semuanya, cewek lebih suka dengan cowok yang lebih tua. Alasannya yang bermacam-macam, biasanya kita akan bilang kalau cowok yang lebih tua itu dewasa, lebih perhatian, enggak kekanak-kanakan, dan bisa manjain kita. Padahal ukuran kedewasaan seseorang itu enggak dari faktor usia kok, tapi lebih kepada cara berpikir dan pengalaman hidup yang membangun kepribadian seseorang tersebut. Jadi rasanya terlalu sempit kita berpikir bahwa cowok yang lebih tua itu lebih dewasa.

Masih hangat pembicaraan tentang kisah percintaan seleb korea  Rain dan Kim Tae Hee yang akhirnya disucikan dalam ikatan pernikahan, mengingat Kim Tae Hee berusia dua tahun lebih tua dari Rain. Tapi akhirnya mereka cocok satu sama lain.

Baca di sini untuk tahu pasangan seleb Korea dengan cewek yang lebih tua, dijamin bikin kita jadi punya harapan, deh!

Di sini enggak menekankan kalau pacaran harus ke pernikahan tapi banyak contoh yang mengatakan hubungan dengan cowok lebih muda tetap bisa berhasil. Sebut saja pasangan seleb Hollywood yang masih langgeng sampai sekarang meski ceweknya lebih tua, seperti Vanessa Hudgens dan Austin Butler. Memang tantangannya lebih banyak, salah satunya rasa insecure yang enggak bisa kita tutupi ketika naksir bahkan sampai jadian dengan cowok lebih muda.

“Aku pernah dekat dengan cowok yang lebih muda, aku dua tahun lebih tua darinya. Dia adik kelasku waktu masih SMA dulu. Pertama kenal dia, aku sama sekali enggak menganggap dia seperti anak kecil tapi justru sebaliknya, dia jauh lebih dewasa dibanding anak-anak seusianya. Justru itu yang bikin aku tertarik dengannya. Akhirnya kita jadian dan meski awalnya aku sempat takut dengan komentar teman-temanku.” (Angel, 19 tahun)

Ada penjelasan secara psikologinya kenapa hal ini bisa dan normal saja terjadi, lho! Klik halaman selanjutnya, yuk!