Bikin Bangga! Peran Penting 7 Cewek dalam Sejarah Dunia Teknologi yang Menginspirasi

By Averina Lita, Kamis, 20 April 2017 | 23:15 WIB
Bikin Bangga! Peran Penting 7 Cewek dalam Sejarah Dunia Teknologi yang Menginspirasi. Foto: mashable.com (Averina Lita)

Selama ini, kalau membahas tentang teknologi, kebanyakan dari kita langsung menghubungkannya dengan sosok Bill Gates, Steve Jobs, atau tokoh terkenal lain yang hampir semuanya cowok. Tapi… siapa bilang dunia teknologi cuma identik dengan cowok?

Mungkin karena kurang publikasi, kita jadi enggak tahu kalau 7 cewek ini punya peran penting dalam sejarah dunia teknologi. Artikel ini dijamin bikin kita bangga karena kontribusi dan kehebatan mereka. Bisa jadi inspirasi juga, kalau kita berencana buat masuk jurusan kuliah yang berhubungan dengan teknologi kayak Ilmu Komputer, Teknik Komputer, atau Teknologi Informatika.

Baca juga:

Bukan cuma sebagai ahli matematika dan penulis, cewek asal Inggris ini juga dikenal sebagai penemu dari scientific computing. Tahun 1842, beliau mempublikasikan instruksi pertama untuk algoritme yang diproses oleh komputer. Meski komputer baru dibuat setelah memasuki abad 21, jasanya tersebut membuat Ada Lovelace mendapat predikat sebagai programmer komputer pertama dalam sejarah.

Baca juga:

Selain menjadi salah satu programmer pertama dunia, Hopper juga jadi cewek pertama yang lulus dari Universitas Yale (Connecticut, AS) dengan gelar Ph.D. dalam matematika. Ph.D. sendiri adalah singkatan dari Doctor of Philosophy yang biasanya diberikan setelah seseorang menyelesaikan penelitian mendalam dan memberikan kontribusi signifikan di bidang studi tertentu.

Enggak puas sampai di situ, Hopper lagi-lagi jadi cewek pertama, tapi kali ini dalam menyandang pangkat laksamana di angkatan laut Amerika Serikat. Pada tahun 1951, Hopper menemukan penyusun pertama yang secara efektif membuat dasar dari komputerisasi modern.

Baca juga:

The ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), sebuah kelompok yang terdiri dari enam cewek: Jean Jennings Bartik, Frances "Betty" Snyder Holberton, Kathleen McNulty Mauchly Antonelli, Marlyn Wescoff Meltzer, Ruth Lichterman Teitelbaum, dan Frances Bilas Spence, bertugas untuk melakukan pemrograman terhadap komputer elektronik digital untuk tujuan umum pertama, yang dibuat demi kepentingan tentara Amerika Serikat selama Perang Dunia II.

Klik halaman berikutnya untuk cari tahu cewek lain dalam sejarah dunia teknologi yang menginspirasi, yuk!