Buat yang Sering Sakit Berlebihan Saat Menstruasi, Wajib Cari Tahu tentang Endometriosis!

By Averina Lita, Sabtu, 25 Maret 2017 | 07:41 WIB
Buat yang Sering Sakit Berlebihan Saat Menstruasi, Wajib Cari Tahu tentang Endometriosis! Foto: topsy.one.com (Averina Lita)

Sebagai cewek, kesehatan organ produksi kita penting banget untuk selalu dijaga. Jangan sampai terlambat dalam mendeteksi keanehan dalam tubuh kita, karena akibatnya bisa fatal, girls. Kadang bahkan di saat kita merasa sehat-sehat aja, ternyata ada yang enggak beres dengan tubuh, terutama organ reproduksi kita. Makanya, kita harus rajin cari banyak informasi tentang organ reproduksi, termasuk berbagai kelainan dan masalahnya.

Berikut hal yang wajib kita tahu tentang endometriosis dan hubungannya dengan kesehatan organ reproduksi, terutama buat kita yang sering sakit berlebihan saat menstruasi.

Baca juga:

Endometriosis adalah suatu penyakit dalam sistem reproduksi cewek di mana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim (endometrium) tumbuh di luar rongga rahim. Masih bingung? Yuk baca penjelasan lebih lanjutnya!

Tiap bulan, tubuh kita akan melepaskan hormon yang memicu penebalan dinding rahim dan jadi persiapan untuk menerima sel telur yang udah dibuahi. Saat enggak terjadi kehamilan, dinding rahim akan luruh dan keluar dalam bentuk darah dari vagina yang kita kenal sebagai menstruasi.

Endometriosis terjadi saat jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Pada cewek yang mengidap endometriosis, jaringan tersebut juga mengalami proses penebalan dan luruh, mirip kayak siklus menstruasi. Tapi darah akhirnya mengendap dan enggak bisa keluar karena terletak di luar rahim. Endapan inilah yang akan mengiritasi jaringan di sekitarnya. Lama-kelamaan, jaringan parut atau bekas iritasi pun terbentuk.

Baca juga:

Klik halaman berikutnya untuk cari tahu hal lain tentang endometriosis dan hubungannya dengan kesehatan organ reproduksi, yuk!