Sering Merasa Insecure? 4 Cara Ini Bisa Kita Lakukan Supaya Terbebas dari Perasaan Mengganggu Ini

By Averina Lita, Rabu, 29 Maret 2017 | 03:34 WIB
Sering Merasa Insecure? 4 Cara Ini Bisa Kita Lakukan Supaya Terbebas dari Perasaan Mengganggu Ini. Foto: dramabeans.com (Averina Lita)

Pernah enggak kita masuk ke dalam suatu ruangan dan mulai membandingkan diri kita sama orang lain? Dialog dalam hati kita mungkin kurang-lebih kayak gini, “Si A lebih pintar, pasti ujiannya dapat nilai lebih bagus deh” atau “Aku enggak menarik kalau dibandingin sama si B.” Pemikiran seperti itu yang disebut dengan merasa insecure, girls. Dan kemungkinan besar, kita bukan satu-satunya orang yang punya pemikiran kayak gitu. Semua orang punya rasa insecure mereka masing-masing, yang tertuang dalam kehidupan sehari-hari. Kabar baiknya untuk kita yang sering merasa insecure, ada 4 cara yang bisa kita lakukan supaya terbebas dari perasaan mengganggu tersebut.

Baca juga:

Orang yang paling kejam dalam mengkritik diri kita, bisa jadi justru diri kita sendiri. Di mata orang lain, kita adalah sosok yang pintar, asik diajak ngomong, dan suka menolong. Tapi kita enggak bisa melihat semua kualitas positif itu dalam diri kita sendiri. Emang akan selalu ada orang yang lebih pintar, lebih menarik, dan lebih baik dibanding kita. Tapi hal ini jangan sampai kita jadikan beban. Enggak perlu membandingkan diri kita sama orang lain, karena tiap orang punya keunikan masing-masing. Jangan selalu melihat sesuatu yang ada di diri dan yang kita miliki sebagai kekurangan, girls.

Baca juga:

Membuat tujuan hidup yang ingin dicapai, terbukti efektif bikin kita lebih termotivasi untuk meraihnya. Tapi dibanding bikin tujuan yang terlalu besar dan muluk-muluk, kenapa enggak coba untuk bikin tujuan yang kecil dan bisa dicapai dulu? Rasakan gimana bahagianya saat kita bisa mencentang tujuan yang udah kita capai, dan rasa excited saat membuat tujuan baru. Hal ini bikin kita jadi makin percaya diri dan yakin bisa melakukan sesuatu asalkan fokus dengan hal tersebut.

Atau kalau kita merasa enggak cocok di mana-mana, kita bisa membuat perubahan dengan ikut bergabung dalam perkumpulan online atau non-online sesuai minat kita. Contohnya kayak klub menulis, jadi relawan pengajar, perkumpulan pemain alat musik tertentu, dan masih banyak lagi. Dengan begitu kita bisa menyadari potensi diri kita dan mengembangkannya supaya lebih oke dan bermanfaat.

Baca juga:

Klik halaman berikutnya untuk cari tahu cara lain yang bisa kita lakukan supaya terbebas dari perasaan insecure, yuk!