5 Sekolah yang Ada di Indonesia Ini Punya Tema yang Khusus dan Unik

By Debora Gracia, Kamis, 30 Maret 2017 | 06:44 WIB
5 Sekolah yang Ada di Indonesia Ini Punya Tema yang Khusus dan Unik (Debora Gracia)

Penulis buku Sekolah Itu Candu, Roem Topatimasang, pernah berkata, “Setiap tempat adalah sekolah, setiap orang adalah guru, setiap buku adalah ilmu.” Hal ini menunjukkan kita bisa belajar banyak hal dari manapun, dari siapa pun, bahkan lewat pengalaman yang kita temui sehari-hari.

Kalau sekolah formal pada umumnya ada dalam jenjang SD-SMA, hingga universitas. Di Indonesia, ada beberapa sekolah yang memiliki tema khusus dan diisi oleh orang-orang yang khusus dan berbeda pada umumnya.

Ini 5 sekolah di Indonesia dengan tema yang khusus dan unik:

Sekolah Khusus PSK

Sebuah sekolah yang terletak di lokalisasi prostitusi Alas Karet, Sukorejo, Kendal terlihat sangat sederhana. Sekolah ini dibuka seminggu sekali, yaitu hari Minggu dan semua siswanya adalah Pekerja Seks Komersial (PSK). Ada pun pengajarnya berasal dari relawan kesehatan, dokter, dan perajin.

Sekolah yang didirikan sejak 2013 ini dibentuk oleh pengurus lokalisasi dan LSM Gra Metra. Sekolah ini memberikan ilmu tentang pendidikan seks sehingga mereka mengerti tentang jenis penyakit seks menular dan juga HIV/AIDS. Selain itu, para siswa diberikan pengetahuan tentang undang-undang kekerasan dalam rumah tangga dan kerajinan tangan seperti membatik.

Sekolah Khusus Lansia

Di Yogyakarta ada sekolah yang isinya khusus untuk orang-orang lanjut usia atau lansia diberi nama Golden Geriatric Club (GGC) yang didirikan oleh Yayasan Budi Mulia Dua. Sekolah ini bertujuan untuk memberdayakan warga lanjut usia supaya lebih mandiri dan punya kemampuan untuk belajar banyak hal.

Yang dipelajari dalam sekolah ini seperti pelatihan komputer dan internet, gaya hidup sehat khusus usia lanjut, melukis, serta pendalaman ilmu agama. Sekolah serupa juga pernah diadakan di beberapa daerah seperti Cirebon dan Semarang.

Sekolah Khusus Pekerja Rumah Tangga

Sebuah sekolah khusus pekerja rumah tangga (PRT) pernah didirikan di Malang, Jawa Timur tahun lalu. Sekolah khusus PRT ini merupakan bagian dari proyek International Labour Organization (ILO) di Indonesia yang bekerja sama dengan sejumlah lembaga.

Sekolah ini juga menjadi upaya untuk mengurangi jumlah PRT di bawah umur. Pelajaran yang dilakukan di sekolah ini lebih mengedepankan keterampilan agar PRT semakin bisa memanfaatkan kemampuan yang ia miliki.

Lihat sekolah lainnya di halaman berikutnya, ya!

Baca: Mengharukan banget. Guru Ini Membuat Quote Penyemangat Buat Muridnya Yang Mau Ujian