Word Lens dari Google Translate Terjemahkan Bahasa Korea dengan Instan, lho. Keren!

By Ifnur Hikmah, Kamis, 30 Maret 2017 | 10:58 WIB
Foto: google (Ifnur Hikmah)

Seringkali, kalau kita sedang melakukan perjalanan ke luar negeri dengan bahasa yang enggak dimengerti, biasanya sih selalu kesulitan. Nah, Google Translate baru aja mengeluarkan aplikasi yang bernama Word Lens yang membantu kita buat menerjemahkan bahasa asing secara instan. Apalagi, bagi kita yang pengin banget bisa ke negara seperti Korea yang bahasa lokalnya susah banget untuk dimengerti. Word Lens dari Google Translate terjemahkan bahasa Korea dengan Instan, lho. Keren!

Baca juga: 'Berbagi Lokasi Real-Time', Fitur Baru dari Google Maps yang Bikin Kita Makin Mudah Pas Janjian

Aplikasi ini juga memungkinkan kita buat mengambil foto dari teks Korean dan langsung menerjemahkannya ke dalam bahasa inggris nih, girls! Bakal lebih mudah kan, soalnya kita enggak hanya menerjemahkan kata-kata aja, Hanya dengan memfoto tanda jalan atau teks berbahasa asing, kita udah bisa lihat hasil terjemahannya di layar, bahkan tanpa koneksi internet. Wah, keren banget ya, girls!

Word Lens didukung dengan adanya Machine Learning, menggunakan jaringan visual untuk mendeteksi huruf pada gambar. Saat aplikasi ini bekerja, jaringan visual inilah yang akan menghilangkan objek pada latar, seperti papan, atau kayu, jadi kata yang ingin diterjemahin bisa langsung terdeteksi. Agar Machine Learning bisa dipakai untuk mengenali huruf, kita menggunakan jaringan netral yang dilatih pada gambar-gambar yang berisi huruf.

Baca juga: Google Luncurkan User’s Voice Buat Penyandang Disabilitas di Negara Berkembang. Keren!

Selain tanda dan teks, aplikasi ini juga mampu menerjemahkan kata-kata yang sudah dikenali. Misalnya, ketika bilang “exit” dengan mudah akan diterjemahkan menjadi “??”dalam sekali ketukan aja. Kita bisa menemukan aplikasi ini di Android maupun iOS. Sekarang, Word Lens dapat menerjemahkan dari bahasa Inggris ke dan dari 31 bahasa, temasuk Kore, Jepan, Cina, Perancis dan Spanyol, dan akan bakal diperluas ke bahasa lain.

Jadi, enggak perlu khawatir bakalan mengalami kesulitan berkomunikasi lagi, deh saat liburan ke luar negeri.

Baca juga: 6 Fitur Baru di Google Search yang Bikin Menikmati Musik Jadi Lebih Asyik