Keren banget! Cewek Indonesia Ini Sukses di Line Webtoon dan Terkenal Sampai ke Thailand

By Ifnur Hikmah, Selasa, 13 Februari 2018 | 12:40 WIB
Foto: Instagram (Ifnur Hikmah)

Perkembangan teknologi juga berpengaruh dalam bidang usaha buku dan komik. Salah satunya lewat webtoon alias komik digital, yang mampu menjaring jutaan pembaca. Tertarik pengin jadi webtoonist, girls?

Di indonesia juga udah punya webtoonist yang salah satunya cewek, lho. Namanya Archie, atau lebih dikenal dengan nama Archie the Red Cat.

Keren banget! Cewek Indonesia Ini sukses di Webtoon Line Indonesia dan terkenal sampai ke Thailand.

Baca juga: Keren! 10 Cewek Indonesia Ini Membuktikan Kalau Cewek Bisa Jadi Apa Saja

Jadwal Ketat Tapi Seru

Ini dia, Archie The Red Cat, salah seorang webtoonist yang sukses di webtoon Line Indonesia dengan merilis karya berjudul Eggnoid. Menurutnya, menjadi webtoonist itu seru banget meskipun ternyata jadwal deadlinenya ketat.

Ia hanya memiliki waktu seminggu untuk menyelesaikan satu chapter cerita, karena setiap webtoon memang harus di-update seminggu sekali.

“Kejar-kejaran dengan deadline ini yang bikin seru, walaupun sebenarnya membuat komik berwarna untuk satu episode dalam waktu seminggu itu sangat sulit,” kata Archie.

Cewek ini juga membocorkan proses kerjanya, nih. “Awalnya aku mengetik naskah di hape. Lalu, naskah itu diubah ke dalam bentuk storyboard. Setelah itu, baru deh membuat sketsa dan ditinta memakai program clip paint studio.

Sebagian hasil tintaan tersebut aku kirim ke asisten untuk diwarna dasar. Lalu, halaman yang sudah diwarna dasar aku kasih warna tambahan (shading dan lighting), kemudian ditambahkan teks dan dikirimkan ke pihak LINE Webtoon. Semua dikerjakan dalam waktu seminggu,” ujarnya lagi.

Meski kedengarannya berat banget, ketika dijalani, Archie enggak merasa seberat itu. Justru, jadwal yang teratur ini malah semakin mengasah skill, baik menggambar atau bercerita.

Selain itu, webtoon bersifat interaktif sehingga sang penulis bisa menerima langsung feedback dari pembaca.