7 Hal yang Wajib Kita Ketahui Soal Jerawat di Punggung

By Lana Syahbani, Minggu, 2 Juli 2017 | 00:45 WIB
7 Hal yang Wajib Kita Ketahui Soal Jerawat di Punggung (Lana Syahbani)

Waktu lagi garuk-garuk punggung, tiba-tiba kita merasa sakit karena ternyata kita menggaruk luka. Pas dicek lagi, ternyata ada jerawat di punggung! Enggak semua cewek dihinggapi yang namanya jerawat di punggung, tapi sekalinya muncul, kadang bikin sebal juga. Beberapa baju jadi enggak bisa kita pakai karena kondisi kulit kita yang kurang sehat jadi bakal terekspos. Kenapa sih sampai ada jerawat di punggung? Bagaimana cara mengatasinya? Simak yuk 7 hal yang wajib kita ketahui soal jerawat di punggung.

 

Baca juga: Perbedaan Jerawat di Indonesia dengan di Negara Lain

 

1. Stres dan hormon

Menurut dermatologis Dr. Ross Perry, adanya minyak berlebih pada punggung disebabkan oleh faktor hormon, yaitu meningkatnya level testosterone. Faktor genetis pun bisa jadi penyebab dari jerawat di punggung. Selain itu, stress juga bisa memicu adanya jerawat pada punggung.

 

2. Banyak berkeringat ketika olahraga

Kalau kita termasuk cewek yang rajin olahraga di luar ataupun di dalam ruangan, keringat bisa jadi penyebab dari jerawat di punggung. Ketika berkeringat, kemungkinan bakteri yang ada pada pakaian kita menempel pada kulit. Belum lagi suhu tubuh panas dan pori-pori kulit terbuka.

 

3. Terjadi pada orang yang berjerawat di wajah

Menurut dermatologis Dr. Mahto, orang-orang yang memang bermasalah dengan jerawat pada wajah biasanya akan berjerawat pada punggung juga. Hal ini biasa terjadi pada laki-laki dan jarang ditemui pada perempuan.

 

Baca juga: Sama Seperti Kita, 8 Seleb Korea Ini Juga Pernah Bermasalah Dengan Jerawat

 

4. Bukan masalah umur

Banyak orang mengaitkan jerawat dengan masalah remaja, tapi sebenarnya enggak begitu. Jerawat datang dan enggak mengenal usia. Kalau kita sering merasa stres, kemungkinan datangnya jerawat akan semakin tinggi. Soalnya hal ini berkaitan sama hormon juga.

 

5. Jangan dibiarkan

Jerawat pada punggung atau bagian tubuh lainnya lebih sulit diatasi dan diobati daripada jerawat di wajah. Tapi, jangan sampai kita membiarkan jerawat di punggung begitu saja. Kita bisa pergi ke dokter ataupun mengobatinya dengan salep yang mengandung glycolic, salicycil acid, benzoyl peroxide, zinc dan niacinamide.

 

Baca juga: Sering Cuci Muka Bisa Bikin Jerawat Tambah Banyak, Berdasarkan Penelitian

 

6. Pikirkan pencegahan juga

7 Hal yang Wajib Kita Ketahui Soal Jerawat di Punggung

Meskipun sekarang kita enggak menderita jerawat pada punggung, kita juga perlu memikirkan pencegahannya. Misal, setelah berolahraga sebaiknya kita langsung mandi dan mengganti baju. Kita enggak tahu seberapa banyak bakteri yang bersarang di kaos yang kita kenakan sewaktu olahraga. Selain itu, batasi juga konsumsi makanan berbahan susu dan produk dairy lainnya.

 

7. Minta bantuan profesional

Kalau jerawat di punggung semakin parah dan bikin enggak nyaman beraktivitas, jangan segan buat meminta bantuan profesional. Pergi ke dokter dan lakukan pengobatan buat jerawat di punggung kita.