Ini Cara Memilih Sepatu Olahraga yang Enak Buat Training dan Lari

By Astri Soeparyono, Rabu, 24 Mei 2017 | 11:07 WIB
Warnanya cantik, yah? (Astri Soeparyono)

Enggak semua sepatu lari enak dipakai training, juga sebaliknya. Tapi kadang kita kalau lagi training suka ada larinya juga, walau enggak banyak. Buat yang lagi nyari sepatu olahraga yang enak buat training dan lari, ada panduannya nih dari Nike.

(Baca juga: 3 Cara Ampuh Mencuci Sepatu Olahraga atau Sneakers Putih di Rumah)

Sepatu yang nyaman untuk training dan lari adalah sepatu yang ringan, fleksibel, pas memeluk kaki, dan punya bahan yang breathable. Sehingga udara bisa keluar masuk dalam sepatu, enggak membuat kaki kita terlalu kepanasan ketika berolahraga.

Aktivitas lari dan training atau workout pastinya beda, makanya butuh sol yang berbeda. Sepatu lari umumnya memiliki sol hanya menjaga stabilitas pergerakan ke depan dan ke belakang. Tapi kurang memperhatikan stabilitas pergerakan ke samping atau memutar seperti sepatu training. Pastikan sepatu yang kita pilih masuk ke kategori yang tepat dengan sol yang sesuai.

(Baca juga: 6 Cara Memilih Sepatu Lari)

Karena kita akan memakainya buat aktivitas yang aktif, perhatikan kualitas sepatu. Untuk sepatu olahraga, harga sebanding dengan kualitas. Tapi bisa dipakai untuk waktu yang cukup lama karena dia awet. Daripada memilih sepatu olahraga yang harganya jauh lebih murah tapi dipakai tiga kali sudah jebol.

Terakhir, pastikan sepatu yang kita pilih nyaman ketika dipakai. Jangan lupa membawa kaos kaki ketika mencoba sepatu yang kita incar untuk beli. Buat kita yang mementingkan design, pastikan juga kita cocok sama modelnya supaya makin nyaman ketika memakainya dan makin semangat berolahraga.

Sepatu terbaru dari Nike ini pas buat kita yang sedang mencari footwear yang cocok untuk training dan lari. Selain kriterianya pas dengan keempat poin di atas, Nike Free TR 7 ini juga punya bantalan di bagian punggung kaki yang bertujuan untuk melindungi kaki ketika berolahraga. Sepatu ini masih nyaman untuk dipakai berlari di bawah 5 mil atau sekitar 8 km. Informasi lebih lanjut bisa klik di sini, girls.

(Baca juga: 5 Alasan Nike Air Zoom Strong Asik Dipakai Cewek Untuk Olahraga)