Ikuti 7 Tips Mudah Ini Biar Kuku Enggak Gampang Rapuh!

By Debora Gracia, Kamis, 20 Juli 2017 | 12:00 WIB
Ikuti 7 Tips Mudah Ini Biar Kuku Enggak Gampang Rapuh! (Debora Gracia)

Kuku mudah rapuh bisa mempengaruhi mood juga, lho! Kita jadi enggak pede juga kalau menggunakan kuteks.

Sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasi kuku yang mudah rapuh. Tertarik untuk mencobanya?

  1. Rajin Potong Kuku. Idealnya, potong kuku itu seminggu sekali. Apalagi kalau sudah melihat ada bagian transparan pada kuku, lebih baik segera dipotong, ya.
  2. Menjaga Kutikula Peran kutikula sebagai tameng agar kuku enggak iritasi atau infeksi itu penting banget. Makanya, perlu dijaga baik-baik. Jangan asal memotong kutikula, ya. Lebih baik rendam dulu dalam air hangat selama 5 menit. Setelah itu, kita boleh mendorong kutikula dengan lembut dan jangan ditekan terlalu keras. (Baca juga: Habis Pelajaran Olahraga di Sekolah? Yuk Pakai 7 Body Mist di Bawah 35 Ribu Supaya Kembali Segar!)  
  3. Kikir Kuku Dengan Benar Cara kikir kuku yang salah bisa bikin kuku kita cepat rapuh. Teknik yang benar adalah dengan mengikir ke satu arah, bukan dengan gerakan bolak balik. Selain itu, tempatkan kikiran di bawah kuku untuk menghindari tekanan yang terlalu kuat.
  4. Penguat Kuku Sekali-kali boleh kok pakai penguat kuku kalau kuku kita emang rapuh banget. Tapi lebih baik dibatasi ya. Ternyata, penguat bisa bikin kuku kita terlalu keras dan jadi makin gampang patah. (Baca juga: Gaya Fashion Nyaman dari 6 Karakter Cewek Introvert di Drama Korea)
  5. Lembabkan Tangan Tangan yang kering bisa berpengaruh buruk buat kuku kita. Biar kuku jadi kuat, tangan kita harus selalu lembab. Jangan lupa gunakan hand cream secara rutin.
  6. Jangan Mengigit Kuku Kebiasaan gigit kuku itu bisa membahayakan kuku dan kesehatan kita, lho. Selain bisa merusak gigi, kuku kita bisa terkena infeksi dan jadi sarang bakteri. jadi mulai dari sekarang, coba hilangin kebiasaan gigit kuku, ya.
  7. Makanan yang Mengandung Protein dan Vitamin Makanan yang mengandung protein, seperti telur dan daging bagus banget buat ngejaga kekuatan kuku kita. Berbagai macam vitamin juga perlu agar kuku kita enggak gampang rapuh. Coba konsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang terdapat pada wortel dan vitamin H yang ada pada pisang.
  8. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Cat Kuku Bahan kimia dari cat kuku dan penghapus cat kuku – aseton sangat membahayakan kuku. Pemakaian cat kuku yang berlebihan membuat kuku kita jadi mudah rapuh. Selain itu, masalah lain juga bisa timbul, seperti kuku kuning, bergaris, dan kering. Jadi sebisa mungkin biarkan kuku kita polos aja, ya. Kalau emang lagi pengen pakai cat kuku, jangan lupa gunakan base coat untuk melindungi kuku kita. (Baca juga: Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Kalau Pengin Punya Rambut Kuat dan Enggak Gampang Rontok)