5 Alasan Kenapa Kita Enggak Boleh Minder Dalam Berteman

By Indah Permata Sari, Rabu, 24 Januari 2018 | 13:30 WIB
5 Alasan Kenapa Kita Enggak Boleh Minder Dalam Berteman (Indah Permata Sari)

Mungkin kita pernah merasa enggak cocok berteman dengan orang-orang yang terlihat jauh lebih pintar atau populer. Stop merasa minder, girls! Kita harus bisa jadi cewek yang percaya diri dengan kemampuan kita dan berani untuk bersosialisasi dengan teman-teman dari mana saja dan siapa pun mereka. Ini alasan kenapa kita enggak boleh minder dalam berteman.

Kalau kita merasa minder dalam berteman, maka kita enggak akan merasa nyaman dalam berbicara dan akan lebih banyak diam. Diam akan bikin karakter asli kita tertutup. Mereka enggak akan tahu kalau ternyata kita memilki kesukaan atau hobi yang sama dengan mereka, atau mereka juga enggak akan tahu kalau kita memiliki bakat yang mengagumkan.

(Baca juga: 7 Cara Lebih Percaya Diri Bagi Cewek Pemalu)

Fokus pada kekurangan, membuat waktu terbuang sia-sia. Seharusnya kita fokuskan perhatian kita pada kelebihan kita dan lakukan dengan semaksimal mungkin, diiringi dengan memperbaiki kekurangan kita sedikit demi sedikit. Dengan begini rasa percaya diri kita dalam bergaul akan meningkat, sejalan dengan rasa percaya diri mengenai kelebihan kita.

Dari awal saja kita sudah minder untuk berteman dengan mereka, maka kita juga akan sulit untuk menemukan sahabat yang bisa mengerti kita di antara mereka. Kita harus membuka diri terlebih dahulu, membiarkan mereka melihat kita apa adanya.

(Baca Juga: Cari Tahu 5 Perbedaan Antara Teman dan Sahabat Sejati)

Sharing is caring, itu pernyataan yang benar banget. Tapi gimana caranya kita mau sharing masalah pribadi kalau kita tertutup dan minder dengan teman-teman sendiri? Maka, cobalah untuk terbuka, mulai dari diri sendiri.

Terkadang, kita yang membuat sekat sendiri antara kita dan teman-teman, karena kita minder. Hasilnya kita akan merasa sendirian. Maka dari itu kita harus memiliki tekad dalam diri kita untuk bisa lebih percaya diri dalam mengikuti alur pembicaraan mereka. Ikut tertawa saat mereka tertawa, dan sesekali beri tanggapan maka jika lama-lama kita akan terbiasa dan enggak merasa minder lagi.

(Baca juga: Lakukan 5 Cara Ini Supaya Bisa Fokus Belajar di Kelas)