3 Tips & Trik Mudah Biar Sepatu Selalu Pas dengan Ukuran Kaki Kita

By Marcella Oktania, Jumat, 11 Agustus 2017 | 08:00 WIB
3 Tips & Trik Mudah Biar Sepatu Selalu Pas dengan Ukuran Kaki Kita (Marcella Oktania)

Sepatu itu salah satu bagian penting dari penampilan kita. Jadi, kita harus hati-hati memilihnya nih. Walaupun mau ngikutin tren sepatu terbaru, tapi tetap eperhatikan tiga tips mudah biar sepatu kita pas dengan ukuran kaki kita. 

Coba Pakai 5 Fashion Item Ini untuk Menyamarkan Lengan Besar Kita)

Sebelum membeli sepatu, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dulu, nih. Pertama, cari tahu berbagai model-model sepatu. Setiap model sepatu memiliki bentuk dan ukurannya masing-masing. Misalnya, ada yang lebar di bagian depan, tebal di bagian belakang, dan lain-lain. Pastikan sepatu yang kita beli sesuai dan bakal nyaman dengan keadaan kaki kita.

Buat Si Mahasiswa Baru, Ini 5 Sepatu yang Wajib Kita Miliki!)

Selain itu, cari tahu juga tiap ukuran. Tiap negara memiliki ukuran sepatu yang berbeda-beda. Biasanya, kita menggunakan ukuran khas Eropa, seperti ukuran 36, 37, dan seterusnya. Tetapi produk yang berasal dari Amerika dan Inggris berbeda nomor ukurannya dengan yang dipakai produk dari Eropa. Oleh karena itu, ketahui secara jelas ukuran sepatu kita dengan berbagai nomor ukuran yang ditawarkan.

Kita juga harus berhati-hati kalau ingin membelikan sepatu untuk pacar kita, ya. Hal ini karena ukuran sepatu perempuan dan laki-laki juga berbeda walaupun nomor ukurannya sama. Yang terpenting, belilah sepatu pada malam hari, ya. Hal ini karena kaki kita sudah mencapai ukuran terbesarnya, jadi memungkinkan untuk mendapatkan ukuran yang lebih nyaman. 

5 Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas & Kering Supaya Bisa Halus Kembali)

Ada dua cara membuat sepatu kita jadi lebih besar. Pertama, bungkus sepatu dan masukan sepatu ke kulkas. Setelah itu, tambahkan satu kantung es batu yang kita taruh di dalam sepatu. Biarkan saja semalaman dan keesokan harinya kita bakal mendapatkan sepatu dengan ukuran yang lebih besar.

Enggak pengen mengotori kulkas? Kita bisa gunakan kaus kaki dan pakai sepatu yang kekecilan. Setelah itu, ambil hair dryer dan gunakan di sekitar sepatu. Setelah dirasa cukup, coba lepaskan kaus kaki dan pakai sepatu seperti biasa. Kalau masih terasa sempit, hal yang sama bisa dilakukan berulang-ulang kok.

Cara ketiga, kita bisa gunakan air dan alkohol dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, oleskan dengan menggunakan kapas ke seluruh bagian dalam sepatu. Langsung pakai sepatu tersebut sampai campuran air dan alkohol mengering. Kita bisa mengulang langkah-langkahnya kalau masih merasa kurang puas dengan ukuran sepatu.

Supaya Enggak Salah, Ini 5 Hal yang Harus Kita Tahu Sebelum Membersihkan Brush Makeup)

Memang masih memungkinkan untuk membuat sepatu kita jadi lebih besar. Sayangnya, sepatu kita enggak bisa dibuat jadi lebih kecil. Oleh karena itu, kita mesti pintar-pintar mengakalinya.

Cara paling mudah adalah kita bisa gunakan kaus kaki yang agak tebal. Kalau enggak memungkinkan untuk mengakalinya dengan kaus kaki, kita bisa menyumpal bagian depan sepatu. Bahkan sekarang udah ada kok insole untuk membuat bagian dalam sepatu lebih sempit dan nyaman digunakan. 

Intinya adalah gunakan sepatu yang paling nyaman untuk kita ya, girls. Jangan sampai terlalu sempit dan bakal melukai kaki atau terlalu besar dan membuat kita kayak pakai sepatu pinjaman.

(Baca juga: 11 Produk Kecantikan Aroma Cokelat yang Bisa Bikin Kita Lapar!)