5 Cara yang Bisa Mencegah Kita Untuk Enggak Ikut-Ikutan Gosipin Teman

By Indah Permata Sari, Sabtu, 19 Agustus 2017 | 06:00 WIB
5 Cara yang Bisa Mencegah Kita Untuk Enggak Ikut-Ikutan Ngegosipin Teman (Indah Permata Sari)

Kalau ada gosip enggak mengenakkan tentang salah satu teman kita, sebaiknya kita enggak ikut-ikutan ngegosip. Coba posisikan diri kita yang menjadi bahan gosip orang lain, maka kita akan merasa bahwa sikap ngegosipin orang lain adalah tindakan yang salah dan enggak baik. Gunakan 5 cara ini untuk mencegahnya.

Saat teman-teman kita lagi berkumpul dan mereka mulai menggosip, maka sebaiknya kita keluar dari perkumpulan itu dan alihkan fokus kita ke aktivitas lain. Misalnya saat jam istirahat di kelas, teman-teman mulai menggosip maka sebaiknya kita pergi ke kantin untuk makan siang. Kita menghindar dari mereka yang sedang bergosip dan pergi melakukan hal lain yang jauh dari area bergosip mereka.

Kalau kepo dalam hal yang bermanfaat dan untuk menambah ilmu kita memang bagus, namun kita harus bisa mengontrol rasa kepo kita untuk hal-hal yang  menyangkut kehidupan pribadi orang lain. Mungkin memang kita penasaran dan ingin mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, namun sebaiknya kita tanya langsung ke orangnya dan menghargainya jika memang dia enggak mau menceritakan masalahnya.

(Baca juga: )

Pergunakan waktu kita untuk hal yang produktif dan positif. Misalnya kita segera pergi les, atau pergi ke ruangan ekstrakurikuler, atau sebaiknya pulang ke rumah dan belajar di rumah. Kita harus buat pendirian untuk enggak membuang waktu kita buat ngomongin orang, melainkan bisa kita lakukan untuk kegiatan lain yang menyenangkan dan bermanfaat bagi diri kita.

Jika memang kita enggak bisa menghindari mereka yang lagi ngegosip, ada baiknya jika kita mencoba untuk mengubah topik pembicaraan mereka. Misalnya memotong ucapan teman kita dan mulai mengalihkan mereka ke pembicaraan mengenai drama Korea yang kita tonton semalam. Kita juga harus pintar-pintar untuk membuat topik obrolan yang menarik. (Baca juga: )

Jika memang kita bisa merasakan bahwa ada teman kita yang suka banget ngegosip, sebaiknya kita enggak berteman dekat dengannya. Cukup kenal secara baik saja tanpa harus berusaha menjadikannya sahabat. Atau kalau memang ternyata orang yang suka ngegosip adalah sahabat kita sendiri, maka sebaiknya kita ingatkan dan bantu dia untuk merubah sikapnya. 

(Baca juga: )