8 Jurusan Kuliah D3 yang Lulusannya Paling Banyak Dicari

By Indra Pramesti, Jumat, 16 Maret 2018 | 13:10 WIB
8 Jurusan Kuliah D3 yang Lulusannya Paling Banyak Dicari (Indra Pramesti)

Selain jurusan S1 yang diminati banyak lulusan SMA, jurusan D3 juga enggak kalah populer.

Jurusan kuliah D3 atau Vokasi mengharuskan mahasiswanya untuk menempuh bangku perkuliahan selama 3 tahun. Selama kuliah D3, kita juga bakal lebih sering melakukan kegiatan praktek lapangan yang berhubungan dengan jurusan tersebut.

Sebagai syarat kelulusan, nantinya mahasiswa D3 akan dikenakan Tugas Akhir untuk mendapatkan gelar Diploma.

Nah, biar lebih jelas lagi, kamu wajib tahu jurusan kuliah D3 yang lulusannya paling banyak dicari!

(Baca juga di sini: Punya Teman yang Gampang Bad Mood? Ikuti 5 Tips Ini untuk Menghadapinya!)

Menurut badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) terdapat 53 program studi perpajakan yang mayoritas adalah program D3. Kuliah dengan jurusan ini menuntut ketelitian, ketekunan dan daya anlisa yang kuat karena harus bergelut dengan angka dan data, dan pastinya enggak boleh salah.

Prospek: Lulusan perpajakan memiliki peluang kerja yang cukup luas. Selain bisa bekerja menjadi PNS di Dirjen Pajak, mereka juga bisa bekerja hampir di seluruh perusahaan besar yang membutuhkan staf pajak atau konsultan pajak.

Pilihan kampus: Uiniversitas Indonesia, Politeknik Universitas Surabaya, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga

Jurusan kuliah ini cocok buat kita yang tertarik dengan media massa. Jurusan Broadcasting juga terbagi menjadi 3 yakni manajemen pemberitaan (diperuntukkan bagi yang ingin menjadi penyiar berita, penulis naskah berita, reporter, presenter), manajemen produksi (bagi yang pengin jadi produser, sutradara, penulis skenarion, tim kreatif), dan teknik produksi (diperuntukkan untuk yang ingin bekerja di bagian teknik, seperti kameramen, editor, soundman, lightingman).

Prospek: Lulusan broadcasting ternyata enggak selalu harus bekerja di TV, lulusannya juga bisa bekerja di radio, Komisi Penyiaran, atau Production House.