Yuk Coba Bikin DIY Foundation yang Dibuat dari Bahan-bahan Alami

By Marcella Oktania, Minggu, 4 Maret 2018 | 10:30 WIB
Yuk Coba Bikin DIY Foundation yang Dibuat dari Bahan-bahan Alami (Marcella Oktania)

Pernah enggak merasa foundation berat banget di kulit wajah kita? Apalagi buat kita yang kulitnya sensitif, terkadang setelah memakai foundation bisa muncul jerawat kecil atau jerawat batu yang bikin penampilan kita jadi enggak perfect! 

Eits, tenang aja. Daripada banyak masalah, lebih baik cobain buat foundation sendiri yuk di rumah. Foundation bisa kita buat dengan bahan-bahan dapur, lho jadi gampang banget didapatkan. Selain memberikan light-medium coverage untuk kulit wajah, foundation ini juga bisa memberikan perawatan biar wajah jadi lebih mulus dan lembut! Yang paling penting, harganya terjangkau banget!

(Baca juga: 3 Tahap Mudah DIY Minyak Zaitun Buat Bikin Kuku Kuat & Enggak Rapuh)

1. 2 sdm tepung jagung. 2. 1,5 sdt biji pala. 3. 1 sdt bubuk cocoa. Takaran bisa lebih banyak, tergantung tingkat kecerahan kulit. 4. 1-2 sdt bubuk kunyit untuk memberikan warna kuning. 5. Pelembap wajah sesuai jenis kulit kita. 6. Wadah tempat menyimpan foundation. 7. Piring/mangkok dan sendok plastik untuk mencampur bahan-bahan.

(Baca juga: 7 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Kulit Kita Jadi Butek & Kusam)

1. Campurkan tepung jagung dan biji pala. 2. Tambahkan bubuk cocoa sesuai yang warna kulit kita dan tambahkan bubuk kunyit apabila warna kulit kita kuning langsat. 3. Tes apakah foundation sudah cocok dengan warna kulit kita. Caranya, baurkan sedikit bubuk foundation buatan tersebut ke telapak tangan dan tepuk-tepuk. Amati apakah sudah sesuai dengan warna kulit kita atau belum. 4. Setelah foundation sudah cocok dengan warna kulit, tambahkan pelembap wajah hingga adonan berbentuk pasta.

Foundation buatan sendiri sudah siap! Kita bisa langsung aplikasikan ke kulit wajah dengan foundation brush secara merata seperti menggunakan foundation pada umumnya.

(Baca juga: Lagi Ngehits! Bikin Tas Jadi Enggak Membosankan dengan 10 Statement Strap Ini)

1. Jangan gunakan kayu manis sebagai pengganti biji pala. Beberapa orang enggak cocok memakai kayu manis karena bakalan bikin kulit jadi kemerahan dan pedih. Untuk lebih aman, lebih baik gunakan biji pala, ya. 2. Foundation ini lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari, karena sifatnya yang light-medium coverage. Kita juga bisa menumpuk foundation buatan ini dengan foundation yang dijual di toko kecantikan biar jadi medium-strong coverage.

Selamat mencoba!

(Baca juga: Yuk Tiru Glam Makeup Look ala Bebe Rexha dengan 7 Produk Lokal Ini!)