5 Trik Touch-up Makeup untuk Kulit Berminyak Agar Wajah Kembali Fresh

By Marcella Oktania, Senin, 28 Agustus 2017 | 05:00 WIB
Trik Touch-up Makeup (Marcella Oktania)

Kalau di tengah hari makeup sudah luntur, kesal banget deh! Apalagi kalau kita punya kulit yang berminyak, touch-up makeup jadi merepotkan. Tapi enggak perlu khawatir, girls. Coba 5 trik touch-up makeup berikut untuk kulit berminyak biar wajah kita kembali fresh!

(Baca juga: 8 Rekomendasi Sunblock dan Sunscreen Agar Wajah Enggak Gosong Karena Sinar Matahari)

Wajah terlihat sangat berminyak? Gunakan blotting paper dengan cara menempelkan ke daerah berminyak. Jangan diusap, ya karena akan membuat kulit nantinya makin berminyak, lho!

Biar minyak enggak kembali lagi, taburkan sedikit loose powder ke wajah kita. Selanjutnya, kita bisa gunakan foundation apabila foundation mulai memudar. Cukup oleskan sedikit pada wajah dengan gerakan yang lembut.

Sudah capek-capek menutupi bintik hitam dan mata panda dengan makeup, tapi dipertengahan hari muncul kembali? Gunakan blotting paper sebelum mengaplikasikan concealer untuk menutup noda dan mata panda.

Ingat, jangan berlebihan mengaplikasikan concealer karena akan membuat makeup jadi cakey! Aplikasikan dengan gerakan yang lembut agar enggak 'mengganggu' makeup lainnya, ya.

(Baca juga: Yuk Coba Bikin DIY Foundation yang Dibuat dari Bahan-bahan Alami)

Kalau lipstik mulai memudar, jangan langsung mengaplikasikannya kembali, ya. Bibir kita malah jadi terlihat kusam, lho. Lebih baik hapus dulu lipstik yang tersisa di bibir kita hingga bersih.

Setelah itu, gunakan lip balm tipis-tipis ke seluruh bibir dan diamkan selama 1 menit. Kita bisa hapus lip balm dengan tisu dan baru mengaplikasikan lipstik ke bibir kita.

Dengan cara ini, warna bibir kita terlihat lebih natural dan fresh, lho. Selain itu, enggak bakalan bikin bibir jadi pecah-pecah.

Eyeshadow luntur dan bikin mata jadi enggak? Coba hapus eyeshadow yang luntur dengan tisu atau blotting paper. 

Setelah itu, tambahkan bubuhkan bedak pada lipatan mata kita dan aplikasikan eyeshadow lagi kalau kurang terlihat biar wajah kembali segar!

(Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kulit yang Gosong Akibat Sinar Matahari)

Gunakan cotton bud untuk menghapus eyeliner yang luntur. Enggak ada cotton bud? Kita bisa gunakan tisu yang sudah dibasahi. Kalau bawa makeup remover, menghapus eyeliner yang luntur jadi lebih gampang! 

Setelah kering, aplikasikan concealer dan bedak untuk mencegar eyeliner mengenai bawah mata. Kalau eyeliner benar-benar menghilang, kita bisa aplikasikan lagi dengan tipis-tipis, ya.

(Baca juga: 7 Rekomendasi Lipstik Nude dari Beauty Vlogger Abel Cantika. Cocok Dipakai ke Kampus!)