5 Cara Mengontrol Diri Untuk Enggak Boros Saat Belanja. Perlu Dicoba!

By Indah Permata Sari, Minggu, 10 September 2017 | 03:00 WIB
5 Cara Mengontrol Diri Untuk Tidak Boros Saat Belanja. Perlu Kita Coba! (Indah Permata Sari)

Saat kita belanja baju di mall atau beli kebutuhan sehari-hari di supermarket, paling enggak satu kali lapar mata dan menghabiskan semua uang kita untuk belanja. Padahal setelah sampai di rumah, kita baru sadar kalau barang-barang yang kita beli sebenarnya enggak perlu-perlu banget. Kalau hanya satu kali kita seperti ini sih enggak apa-apa dan anggap saja sebagai pengalaman, tapi kalau boros saat belanja sudah menjadi kebiasaan maka sebaiknya kita harus bisa merubahnya. Ini dia 5 cara mengontrol diri untuk tidak boros saat belanja.

Kita harus selalu menyiapkan list daftar belanja kebutuhan yang akan kita beli. Usahakan kita enggak akan membeli barang selain yang ada di dalam list. List barang yang kita tulis pun sudah kita pikirkan baik-baik merupakan barang yang benar-benar kita butuhkan.

Saat membuat list daftar belanja, kita juga bikin prediksi total uang yang akan kita habiskan saat belanja. Kita bisa searching dulu berapa masing-masing harga barang yang akan kita beli lalu kita jumlahkan semuanya. Setelah itu kita bisa mengetahui kisaran total biaya yang harus kta siapkan untuk belanja.

(Baca juga: )

Memang agak riskan dan bahaya sih saat kita hanya membawa uang pas-pasan. Tapi bisa kita siasati dengan setelah membuat prediksi biaya yang harus kita keluarkan baru deh kita bisa menentukan jumlah uang yang kita bawa dengan melebihkan sedikit dari biaya prediksi. Misalkan prediksi belanja kita itu Rp.150.000 maka uang yang kita bawa adalah Rp.200.000. Walaupun bisa saja uang lebih Rp.50.000 pada akhirnya kita pakai, tapi setidaknya kita hanya menghabiskan sedikit dari total uang yang seharusnya kita keluarkan.

(Baca juga: )

Terkadang yang membuat kita enggak menyadari sudah menghabiskan uang kita adalah karena kita yang tergiur akan diskon. Sata belanja, lalu kita melihat produk yang dijual dengan harga diskon lalu kita menghampiri dan akhirnya tertarik untuk membeli. Padahal produk yang dijual dengan harga diskon itu enggak ada dalam list barang yang harus kita beli. Maka sebaiknya kita selesaikan dulu untuk membeli semua barang yang ada dalam list, barus setelah itu setelah kita hitung masih ada uang lebih baru deh bisa ke tempat produk yang diskon tadi dengan catatan kita yakin akan membutuhkan barang tersebut dalam waktu dekat.

Keinginan kita untuk membeli hal yang bisa membuat kita senang memang enggak bisa dihindari. Karena itu sebaiknya kita buat wishlist barang yang sangat ingin kita beli. Lalu kita buat uritan barang yang nomor 1 adalah barang yang akna kita beli di bulan ini. Lalu wish list nomor 2 adalah barang yang akan kita beli di bulan depan, dan begitu seterusnya. Kita buat satu bulan hanya satu barang yang akan kita beli. Dengan begini, kita jadi bisa mengatur pengeluaran kita dan enggak membeli barang yang sia-sia terlalu banyak dalam sebulan.

(Baca juga: )