Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Amandla Stenberg yang Memilih ‘Taking Break’ dari iPhonenya

By Indah Permata Sari, Selasa, 29 Agustus 2017 | 13:00 WIB
Amandla Stenberg Memutuskan Untuk ‘Taking Break’ dari iPhonenya! Ini Pelajaran yang Bisa Kita Ambil. (Indah Permata Sari)

Pemeran karakter Rue di The Hunger Games, Amandla Stenberg telah memutuskan untuk menjauhkan iPhone dari kehidupannya. Amandla mengatakan bahwa dia memutuskan untuk ‘taking break dari iPhonenya demi kesehatan mentalnya. Sekarang dia hanya menggunakan flip phone yang enggak bisa terkoneksi dengan internet dan menggunakannya hanya untuk berbicara dan mendengarkan suara orang yang sesungguhnya.

Dari laman teenvogue.com, Amandla menjelaskan bahwa dia khawatir dengan remaja seusianya sekarang ini yang sangat merasa enggak bahagia dan terputus kehidupan nyatanya. Mereka sangat memikirkan eksistensi mereka di dunia maya dan berinteraksi dengan orang yang bahkan enggak mereka kenal.

Enggak hanya Amandla saja, pada akhir tahun 2015 lalu Ed Sheeran juga pernah melakukan ‘taking break’ dari handphone, social media, dan emailnya. Ed mengatakan bahwa dia ingin menyingkirkan handphonenya lalu kembali hidup normal seperti mengendarai mobil sambil mendengarkan musik dan mengobrol langsung dengan orang lain. Lalu satu tahun kemudian Ed Sheeran kembali memposting single terbaru lewat akun instagramnya.

Benar apa yang dikatakan oleh Amandla Stenberg, bahwa remaja kebanyakan saat ini terlalu memikirkan dan mengkhawatirkan eksistensi mereka di dunia maya. Seakan-akan siapapun orangnya mau kita kenal atau enggak, jika dia memberikan komentar buruk atau kritikan maka kita akan menganggap hal itu sangat penting dan merubah diri kita seperti apa yang netizen inginkan.

(Baca juga: )

Padahal mau di dunia maya atau dunia nyata pun, kita harus bisa percaya diri dengan diri kita dan nyaman untuk menunjukkannya kepada orang lain. Kritikan orang yang membangun memang kita perlukan, tapi kritikan orang dengan niat menjatuhkan kita seharusnya tidak kita hiraukan.

Komentar jahat ataupun cyber bullying yang diarahkan ke kita bisa mempengaruhi kesehatan mental kita. Kita bisa mengendalikan diri kita untuk selalu bijaksana dalam menggunakan teknologi ataupun social media, tapi kita tidak bisa mengendalikan semua orang untuk bijaksana seperti kita. Karena itulah, bagi beberapa orang lebih baik untuk ‘taking break’ dari handphone yang terkoneksi dengan internet dan mencoba untuk hidup normal tanpa harus memikirkan eksistensi kita di dunia maya.

(Baca juga: )

Kita bisa juga meniru Ed Sheeran yang memilih ‘taking break’ dari handphone sementara, lalu kembali dengan pribadi yang baru ataupun karya yang baru. Pastikan juga, selama masa taking break yang kita jalani, harus diisi dengan berbagai kegiatan yang positif dan bisa membuat kira relax

(Baca juga: )