Look What You Made Me Do & 3 Music VIdeo Taylor Swift yang Dituduh Meniru Video Musisi Lain

By Putri Saraswati, Sabtu, 2 September 2017 | 03:02 WIB
Selain Beyonce, Video Musik Taylor Swift Pernah Dituduh Plagiat 3 Artis Ini (Putri Saraswati)

Comeback Taylor Swift kali ini sepertinya diiringi oleh banyak intrik. Mulai dari usahanya mencemooh meme snake yang melekat pada dirinya melalui video teaser, hingga lirik dan video klip lagu terbaru Look What You Made Me Do (LWYMMD) yang menyimpan banyak kode sindiran untuk ‘musuh-musuh’nya di Hollywood.

Kelihaian Taylor serta tim dalam menyelipkan banyak simbolisme di dalam video LWYMMD patut diacungi jempol. Tapi, sebelum video klip ini lengkap dirilis, banyak yang menuduh sang sutradara, Joseph Kahn, melakukan plagiat dengan meniru video milik Beyonce, Formation.

Ternyata, ini bukan pertama kalinya Taylor dituduh melakukan plagiat pada video klip lagunya. Selain Look What You Made Me Do, 3 Music VIdeo Taylor Swift ini pernah dituduh meniru ivdeo seleb lain.

Tuduhan ini muncul setelah Taylor merilis sedikit footage dari video LWYMMD. Adegan yang diperlihatkan adalah saat Taylor sedang berdiri berjajar dengan ‘squad’ nya yang dirasa serupa dengan ‘squad’ milik Beyonce di video klip Formation.

" >

Joseph Kahn kemudian menyampaikan pendapatnya mengenai hal ini melalui Twitter. Dia menjelaskan kalau video keduanya berbeda dan footage yang rilis tersebut hanya menggambarkan sebagian kecil dari seluruh isi video.

" >

Pada tahun 2015 lalu, video klip Bad Blood  Taylor yang juga disutradarai oleh Joseph Kahn diduga meniru video klip grup K-pop 2ne1, Come Back Home. Fans menemukan beberapa kesamaan pada kedua video tersebut.

" >

Setelah Bad Blood, pada tahun yang sama Taylor kembali dituduh meniru video klip artis K-pop lain, yakni Taeyeon. Fans menemukan banyak kesamaan dari visual yang ditampilkan oleh kedua video tersebut.