3 Macam DIY Pembersih Makeup Brush Agar Bersih Sempurna

By Marcella Oktania, Sabtu, 2 Juni 2018 | 08:45 WIB
stellar.ie (Marcella Oktania)

Tahu kan kalau makeup brush harus dibersihkan setiap minggu? Ini berguna agar bakteri dan kotoran yang ada pada makeup brush hilang dan enggak mengotori wajah kita. Kalau kita memakai makeup brush yang kotor, bisa-bisa wajah kita berjerawat dan iritasi, lho! Nah, buat kita yang enggak punya pembersih makeup brush, yuk simak 3 DIY pembersih makeup brush biar terhindar dari jerawat!

(Baca juga: 4 Langkah Mudah Membuat Ombre Lips Seperti Seleb Korea)

Selain untuk kecantikan, minyak zaitun juga ampuh membersihkan kotoran yang ada di makeup brush kita. Minyak zaitun dijamin bakalan ngebuat makeup brush kita jadi lebih lembut.

1. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dan 2 sdm cairan sabun mandi. 2. Celupkan brush ke dalam cairan dan diamkan selama 2 menit. 3. Masih di dalam cairan, remas brush hingga bersih. 4. Keringkan makeup brush dengan brush menghadap ke bawah.

(Baca juga: Hati-hati! 6 Kesalahan dalam Berpakaian Ini Bisa Membuat Kita Terlihat Tua)

Baby oil punya tekstur yang lembut, jadi enggak bakal membuat makeup brush kita rusak. Selain itu, efektif juga menghilangkan kotoran pada makeup brush. 

1. Campurkan 1 sdm baby oil dan 3 sdm air hangat di dalam mangkuk. 2. Masukkan makeup brush ke cairan dan diamkan selama 1 menit. 3. Angkat dan cuci di bawah air mengalir sambil meremas brush. 4. Kalau masih ada sisa makeup, kita bisa mengulangi langkah 2 dan 3 sekali lagi. 5. Keringkan dengan brush menghadap ke bawah.

(Baca juga: Wajib Tahu! Makeup yang Boleh dan Enggak Boleh Dipinjamkan ke Orang Lain)

Ternyata, cuka juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan kotoran di makeup brush kita, lho. Cuka bisa membuat makeup brush kita halus dan kembali bersih seperti baru!

1. Campur 1 sdm cuka dan 1 sdm cairan cuci piring. Tambahkan 150ml air hangat. 2. Celupkan makeup brush pada cairan sambil terus diremas-remas. 3. Angkat dan bersihkan dengan air dingin. 4. Keringkan dengan brush menghadap ke bawah.

(Baca juga: Menurut Bulan Kelahiran, Ini Warna Lipstik yang Sesuai dengan Kepribadian Kita)