Fakta Unik Sir John Cornforth, Ahli Kimia Tuli Peraih Nobel yang Jadi Google Doodle Hari Ini

By Kinanti Nuke Mahardini, Kamis, 7 September 2017 | 04:33 WIB
Sumber Foto: http://bintang.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Ada yang sedikit berbeda dengan tampilan laman Google pada 7 September 2017. Terdapat doodle seorang tokoh dengan gelas kimia dan berbagai unsur kimia. Siapakah beliau? Beliau adalah Sir John Cornforth, seorang ahli kimia peraih Nobel. Berikut fakta unik tentang Sir John Cornforth, ahli Kimia tuli peraih Nobel yang jadi Google Doodle hari ini.

Sir John Cornforth merupakan seorang ilmuwan yang lahir dan tumbuh di Sidney, Australia. Ia lahir tanggal 7 September 1917. Hari ini merupakan hari ulang tahun Sir John Cornforth yang ke-100. Oleh karena itu, Google membuat doodle beliau untuk mengenang jasanya dan memperingati hari ulang tahunnya.

Sir John Cornforth terlahir normal. Sayangnya pada usia 20 tahun ia kehilangan pendengarannya secara keseluruhan. Sejak saat itu ia menjadi tuli permanen. Kegigihannya dalam memajukan ilmu pengetahuan membuat ia menghasilkan karya berupa stereokimia reaksi yang dikatalis menjadi enzim dan memenangi Nobel Kimia pada tahun 1975 saat ia berusia 58 tahun. Keren ya!

Sir John Cornforth selalu mencintai ilmu pengetahuan. Hal tersebut dibuktikan dengan beasiswa yang ia peroleh ke Oxford University dan bergabung dengan studi yang menemukan penisili, obat penurun kolesterol. Tidak hanya itu, ia juga membuat lebih dari 40 Jurnal Internasional Ilmiah bersama Rita Harradence yang merupakan Istrinya.

Sir John Cornforth juga dikenal dengan panggilan Kappa. Panggilan tersebut bukan muncul tanpa alasan. Ternyata, Sir John Cornforth sangat senang mengukir simbol Kappa pada peralatan kerjanya. Hal tersebut bertujuan agar murid-muridnya tidak mencuri peralatan kerjanya.

Sir John Cornforth meninggal pada 8 Desember 2013 pada usia 96 tahun. Jasadnya boleh saja sudah tiada, namun ilmu pengetahuan yang ia kontribusikan tidak pernah mati. Hal tersebut juga dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang pernah diterimanya, seperti Australian of The Year (1975), Knight British Empire, dan masih banyak lagi.