8 Lulusan Kuliah Ini yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2017. Ada Jurusan Kamu?

By Indra Pramesti, Kamis, 23 November 2017 | 07:04 WIB
Lulusan Kuliah yang Banyak Dicari di Tahun 2017 (Indra Pramesti)

Setelah lulus dari Universitas, kita pasti punya banyak pilihan; mau melanjutkan S2, langsung kerja, atau menganggur terlebih dahulu sebelum menentukan langkah selanjutnya. Buat yang pengin langusng kerja, lulusan kuliah berikut adalah yang paling banyak dicari pada tahun 2017!

(Baca juga: 10 Hal yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Baru dan Disarankan oleh Senior)

Posisi sebagai data analis banyak dibutuhkan untuk menafsirkan data yang selanjutnya digunakan dalam pertimbangan pengambilan keputusan perusahaan. Saat ini hampir seluruh data tersedia dalam format digital sehingga lulusan ini dituntut untuk bisa membaca data yang besar.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, profesi seperti programmer, developer software, dan posisi lainnya yang berkaitan dnegan IT semakin banyak mengisi situs lowongan kerja.

Jurusan Teknik memiliki banyak cabang dan diprediksi bakal banyak memerlukan tenaga kerja pada bidang tersebut. Secara pesat, bakal ada pertumbuhan yang tinggi di bidang nanoteknologi, bikomia, robotik, dan material, sehingga lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan di masa depan. (Baca juga: Pesan dari Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin untuk Cewek yang Mau Masuk Jurusan Teknik Mesin)

Jurusan manajemen mempunyai prospek kerja yang luas. Nantinya konsentrasi kuliahnya akan lebih mendalam lagi seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Organisasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Untuk ranah kerjanya, akan banyak perusahaan yang membutuhkan tugas manajemen di bidang pemasaran.  NACE sendiri mencatat sebesar 38,9% lulusan Manajemen yang dicari.

Kreativitas adalah skill yang paling banyak dicari, terlebih lagi dengan pergeseran minat pada masyarakat yang lebih menyukai produk dalam kemasan visual yang menaris. Persaingan di dunia bisnis sangat kompetitif dan tiap perudahaan berusaha untuk memiliki ciri khas dari produknya masing-masing.