2 Lagu Taylor Swift Dituduh Plagiat Karya Milik Kanye West. Benarkah?

By Kinanti Nuke Mahardini, Sabtu, 9 September 2017 | 08:45 WIB
Belajar dari Taylor Swift, Ini 6 Cara Menghadapi Orang yang Menyakiti Kita (Kinanti Nuke Mahardini)

Taylor Swift baru saja mengeluarkan dua single terbarunya, ‘Look What You Made Me Do’ dan ‘Ready For It’. ‘Look What You Made Me Do’ yang dirliris pada tanggal 27 Agustus lalu dan langsung memecahkan banyak rekor. Enggak lama, Taylor kembali merilis single terbarunya yang berjudul ‘Ready for It?’

Banyak teori yang mengikuti lagu ini, seperti Look What You Made Me Do yang disebut-sebut sebagai cara Taylor Swift membalas perselisihannya dengan Kanye West dan Kim Kardashian. Tapi dua lagu Taylor Swift dituduh ini plagiat alias meniru karya Kanye West. Benarkah?

Taylor Swift (Look What You Made Me Do) dan Kanye West (BLKKK SKKKN HEAD)

Netizen menganggap keduanya mirip dari intro yang ada. Pada intro, keduanya menampilkan suasana mencekam dengan lolongan serigala dan burung di pemakaman. Perbedaannya terdapat pada gonggongan anjing yang tidak ada di video klip Taylor Swift dan suara petir yang tidak ada pada karya milik Kanye.

Taylor Swift (Ready for it) dan Kanye West (Hell of Life)

Taylor dianggap menjiplak karena Kanye lebih dulu mengeluarkan singlenya. Keduanya tampak mirip karena instrumen robot yang terdapat pada keduanya dan drum beat yang hampir menyerupai. Bagaimana ya?

Jadi, apakah benar Taylor meniru Kanye?