Tentara di Drama Korea Descendants Of The Sun Ternyata Diangkat dari Kehidupan Nyata. Ini Faktanya

By Indah Permata Sari, Senin, 11 September 2017 | 10:47 WIB
Drama ‘Descendants Of The Sun’ Ternyata Diangkat dari Kehidupan Nyata Para Prajurit Ini! (Indah Permata Sari)

Masih ingat dengan kegagahan para prajurit di drama Descendant of the Sun yang dibintangi oleh Song Joong Ki dan Jin Goo? Ternyata gambaran hidup mengenai prajurit di dalam drama ini beneran ada di kehidupan nyata loh. Dilansir dari laman koreaboo.com, Dispatch mengungkapkan bahwa di Korea ada yang namanya The 707th Special Mission Battalion yang memiliki misi dan tugas yang mirip dengan misi tentara di dalam drama. The 707th Special Mission Battalion ini adalah korps khusus yang kontra-terorisme dari Komando Perang Khusus Angkatan Darat Republik Korea.

Fyi, fungsi, organisasi, misi dan identitas mereka termasuk dalam kategori keamanan tingkat dua. Ada beberapa video dokumen yang memiliki data dari sebagian grup kecil mereka, tapi di dalam video dokumen tersebut semua tentara yang diwawancarai menggunakan topeng yang menutup wajahnya. Para prajurit tersebut memakai cat kamuflase dan kacamata hitam yang menyembunyikan fitur wajah untuk menjaga kerahasiaan identitas mereka.

(Baca juga: )

Di dalam drama, para prajurit memiliki misi untuk menetralkan teroris. Tapi di dunia nyata ternyata hal seperti ini hanyalah sebagian kecil dari tugas asli dan tanggungjawab prajurit yang sebenarnya. Mereka sering menyusup jauh ke dalam garis musuh untuk menghilangkan ancaman potensial sebelum musuh muncul.

(Baca juga: )

Pelatihan para prajurit ini meliputi Armada Perang Khusus Angkatan Laut Republik Korea, Underwater Demolition Team (UDT), dan juga U.S. Navy SEALs. Kementrian Pertahanan Nasional Korea melakukan wawancara mendalam dan evaluasi kekuatan untuk menentukan para prajurit yang termasuk dalam 707th Special Mission Battalion.

Masih sedikit hal yang diketahui dari satuan tugas khusus ini, tapi masyarakat semakin penasaran mengenai hal ini karena tertarik dengan potrait kharismatik prajurit yang di dalam drama Descendant of the Sun. Hmm kira-kira Indonesia juga punya prajurit dengan misis khusus seperti ini enggak ya?

(Baca juga: )