Ini Dia Pendapatan Model Terkenal di New York Fashion Week. Tidak Sebanyak yang Kita Duga!

By Ifnur Hikmah, Rabu, 13 September 2017 | 04:51 WIB
foto: bbc.co.uk (Ifnur Hikmah)

Pernah terbayang berapa kira-kira pendapatan seorang model? Terlebih ketika sedang ada pagelaran fashion show yang rutin diadakan setiap tahunnya, seperti New York Fashion Week yang diadakan sampai 13 September nanti. Dikutip dari lifestyle.kompas.com, ternyata kehidupan para model ini enggak semewah itu.

Meski model-model itu sering terlihat berpakaian modis keluaran rumah mode, namun ternyata penghasilan mereka tidak seglamor penampilannya. Ini dia pendapatan model terkenal di New York Fashion Week. Tidak sebanyak yang kita duga, girls.

Menurut majalah Forbes, 20 model berbayaran tertinggi secara kolektif mengumpulkan uang 154 juta dollar Amerika pada tahun 2016.

Posisi teratas ditempati oleh Gisele Bundchen. Gisele disebut-sebut memiliki penghasilan sekitar 30 juta dolar.

Untuk model baru seperti Kendall Jenner, cewek ini meraih pendapatan sekitar 10 juta dolar. Sahabatnya, Gigi Hadid, meraih sekitar 9 juta dolar.

Menurut statistik biro tenaga kerja, model di New York rata-rata mendapat penghasilan 48.130 dollar pertahun atau sepertiga dari pendapatan karyawan di kota itu yang mencapai 144.716 dollar.

"Kebanyakan model memiliki daya tawar yang rendah, dan seringkali tidak dibayar sesuai standar upah, terkadang honornya terlambat, atau baru dibayar setelah mereka komplain. Seringkali juga mereka dibayar dengan barang, atau tidak dibayar sama sekali," kata mantan model dan pendiri Models Alliance, Sara Ziff.

Mantan model Kelly Mittendorf (23) yang pensiun dari dunia modelling setelah 5 tahun berada di industri ini juga mengungkapkan pengalaman yang sama.

"Aku tidak pernah memiliki penghasilan yang cukup sebagai model. Aku juga punya banyak utang pada agensi model. Setiap agensi model membebankan biaya tiket, fotografer, dan cetak foto untuk portfolio. Termasuk juga pakaian untuk casting dan apartemen," kata Mittendorf.

Menurutnya, biaya-biaya tersebut harus ia bayarkan kepada agen dan dibutukan waktu paling tidak setahun untuk melunasinya. Jadi, walau honor yang mereka terima relatif besar, tetapi untuk menutupi biaya hidup dan utang ke agensi, bisa jadi rekening mereka tak berisi banyak.

Di balik kehidupan mewah yang sering kita lihat di media sosial atau suasana glamour di fashion show, ternyata para modelnya sendiri tidak begitu banyak mendapat penghasilan.

(Lusia Kus Anna/Kompas Lifestyle)