Teknologi Baru dari Google: Penelusuran Suara dalam Bahasa Sunda dan Jawa. Sudah Pernah Coba?

By Debora Gracia, Selasa, 12 September 2017 | 10:05 WIB
Sudah pernah dicoba? (Debora Gracia)

Dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini Google menambahkan teknologi voice input (masukan suara) resmi dalam bahasa Sunda dan Jawa. Hal ini dilakukan guna untuk membantu masyarakat Indonesia memaksimalkan potensi internet.

“Hal ini sangat relevan di Indonesia seiring meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Maka kami terus berusaha dan meluncurkan berbagai produk dan fitur yang akan memudahkan penutur bahasa-bahasa Indonesia dan memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia untuk bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan, kapan saja, dimana saja,” ujar Daan van Esch, Technical Manager, Speech, and Keyboard Team Google.

(Baca juga: 6 Fitur Baru di Google Search yang Bikin Menikmati Musik Jadi Lebih Asyik)

Untuk pembuatan sistem ini Google pun bekerja sama dengan beberapa universitas lokal seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sekarang kita sudah bisa menelusuri informasi dalam bahasa Jawa dan Sunda tanpa harus membuang banyak waktu untuk mengetik lagi karena semuanya sudah semakin mudah dan cepat ketika kita tinggal berbicara saja. Tetapi sebelumnya, jangan lupa untuk mengganti sistem pengaturan suara ke dalam bahasa Jawa atau Sunda.

Penelusuran dalam bahasa Jawa merupakan salah satu penelusuran terpopuler di Google, seperti ‘lagu dolanan anak’ atau ‘bal-balan dino iki’ sebagai keyword yang paling sering dicari oleh netizen di Pulau Jawa.

Yuk, bisa dicoba nih, girls!

(Shelby Zakaria)