5 Tips Mencukur Bulu Ketiak yang Aman Supaya Enggak Iritasi

By Marcella Oktania, Rabu, 7 Maret 2018 | 11:20 WIB
Tips Mencukur Bulu Ketiak (Marcella Oktania)

Kita semua pasti ingin punya ketiak mulus bebas bulu. Tapi hati-hati! Salah sedikit ketiak kita malah jadi menghitam, bahkan iritasi! Makanya, yuk ketahui 5 tips mencukur bulu ketiak biar bersih dan nyaman!

(Baca juga: Super Gampang! DIY Body Butter Minyak Kelapa Agar Kulit Halus & Lembut)
 

Sebelum mencukur, ada baiknya area sekitar ketiak dibersihkan terlebih dahulu. Pertama, kita bisa mandi seperti biasa dengan air hangat. Gosok, terutama di bagian ketiak sehingga residu dari deodoran menghilang sempurna. Setelah itu, kita bisa lanjut mengeksfoliasi kulit ketiak dengan menggosok ketiak menggunakan handuk yang agak kasar.

Satu lagi, girls. Lebih baik lakukan mencukur bulu ketiak di malam hari, ya. Setelah mencukur, kulit ketiak kita butuh waktu untuk pemulihan. Jadi biarkan kulit ketiak kita pulih saat kita lagi tidur.

(Baca juga: Hilangkan Noda Kuning di Kerah & Bagian Ketiak Baju dengan 3 Cara Ini)
 

Silet yang baik bakal membuat ketiak kita jadi terhindar dari bakteri dan iritasi. Pertama, gunakan silet yang memang dikhususkan untuk kulit ketiak, ya. Pastikan juga kalau silet yang kita gunakan tajam dan enggak tumpul. Silet juga perlu diganti setiap 4-5 kali pemakaian biar enggak menimbun bakteri.

Kita perlu juga menyiapkan silet yang kecil, lho. Karena bentuk ketiak kita yang enggak rata, silet yang kecil bakal membuat bulu ketiak hilang sempurna.

Kita juga harus mencukur bulu ketiak dengan baik dan benar. Pertama cukur ke arah bawah, berlawanan dengan arah tumbuh bulu ketiak. Setelahnya, arahkan ke kiri atau kanan. Terakhir, cukur ke arah atas. Cara ini harus kita lakukan agar ketiak benar-benar bersih.

Tapi, perlu diperhatikan, nih. Kalau kita punya kulit yang sensitif, lebih baik mencukur ke arah atas aja, ya.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan silet tiap mencukur, ya. Dengan begitu, bakteri yang ada pada silet enggak kembali lagi ke ketiak kita. 

(Baca juga: 10 Rekomendasi Lip Balm Natural ala Jeon Somi yang Bisa Dipakai ke Sekolah)