5 Hal yang Sering Dilakukan Padahal Sebenarnya Tidak Sehat. Ada yang Setiap Hari Dilakukan!

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 19 September 2017 | 03:45 WIB
(foto: dramabeans.com) (Kinanti Nuke Mahardini)

Banyak hal yang kita lakukan setiap harinya dan terlihat tidak membahayakan, namun faktanya hal-hal kecil ini berbahaya bagi tubuh dan kesehatan kita.

Berikut 5 hal yang sering dilakukan padahal sebenarnya tidak sehat. Ada yang setiap hari dilakukan!

Jarang ganti pembalut

Bagi kita yang mengira kalau ganti pembalut enggak begitu penting, hal tersebut salah. Semakin jarang kita ganti pembalut, semakin enggak sehat untuk vagina dan sistem reproduksi kita. Jadi, menjaga kebersihan reproduksi harus ya!

(Baca juga: Transformasi Media Sosial dari Dulu hingga Sekarang)

Ngegigitin Kuku

Yang suka gabut dan akhirnya memilih untuk nggigitin kuku, mulai sekarang harus dihilangin karena hal tersebut enggak sehat. Kuman yang ada di kuku bisa masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan penyakit. Penelitian soal kebiasaan yang lambat laun menjadi pintu masuk penyakit ini sudah terbit pada jurnal Oral Microbiology dan Immunology yang mengatakan bahwa bakteri salmonella dan E.Colli bisa masuk melalui kuku.

Terlalu sering makan-makanan instan

Kita yang suka banget sama mie instan, sebaiknya mulai dikurangin karena hal tersebut enggak sehat. Bahan pengawet yang ada di mie instan bisa merusak organ tubuh kita. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian yang salah satunya terangkum pada Jurnal Antropologi Kesehatan Universitas Airlangga tentang pola makan mie instan.

(Baca juga: Selain Selena Gomez, 6 Seleb ini Mengidap Penyakit Berbahaya dan Pernah Operasi)

Membersihkan Sisa Makanan di Mulut dan Ingus Menggunakan Tisu

Membersihkan ingus menggunakan tisu terutama tissue gulung nyatanya tidak begitu sehat lho. Selain membuat hidung luka, tissue gulung nyatanya banyak terbuat dari bahan daur ulang. Hal tersebut sudah diuji oleh Laval di University di Kanada yang menerangkan bahwa tisu gulung mengandung banyak bakteri.

Terlalu sering mencuci tangan menggunakan sabun

Sabun antiseptic yang dianggap membersihkan nyatanya tidak baik jika digunakan terlalu sering. Hal tersebut disebabkan karena bahan kimia yang terkandung dalam sabun tersebut juga tidak sehat. Dilansir dari laman CNN Indonesia, Dokter Spesialis kulit Rachel Djuanda mengatakan bahaya yang ditimbulkan akibat terlalu sering mencuci tangan menggunakan sabun ialah muncul penyakit pada kulit, atopic.

Meski begitu, kita tetap harus mencuci tangan dengan sabun di saat-saat tertentu, misalnya sebelum makan, sehabis melakukan aktivitas di luar tangan, setelah buang air kecil dan buang air besar, agar kuman yang ada di tangan enggak masuk ke mulut.

(Baca juga: 5 Kisah Cinta Putri Kerajaan, Enggak kalah sama film Disney)