Selain Korea Selatan, 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik Tapi Mengerikan Bagi Muridnya!

By Kinanti Nuke Mahardini, Senin, 23 April 2018 | 12:52 WIB
Sumber foto: http://timesofisrael (Kinanti Nuke Mahardini)

Sebuah negara yang mendapatkan predikat sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi negara tersebut. Sayangnya, tidak semua negara yang memiliki sistem pendidikan yang baik, termasuk bagi murid yang menjalankannya. Berikut 6 negara dengan sistem pendidikan terbaik, tapi mengerikan bagi muridnya:

Korea Selatan merupakan Negara terbaik kedua setelah Finlandia yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Sayangnya, murid di Korea Selatan merasa stres dengan sistem pendidikan di sana. Mereka harus bersekolah dari jam 07.00 hingga jam 21.30 bagi siswa SMA. Belum lagi persaingan untuk mendapatkan nilai yang terkadang tidak sehat. Untuk lebih tahu lengkapnya, bisa baca di sini.

(Baca juga: 3 Jasa Amalia Hernandez, Koreografer Balet yang jadi Google Doodle Hari ini)

Korea Utara mendapatkan predikat negara dengan 99% warga negara yang terliterasi. Artinya seluruh warga negara di Korea Utara bisa membaca dan menulis.

Sayangnya, pendidikan di Korea Utara berfokus pada politik dan bela negara sehingga mata pelajaran di Korea Utara ada mata pelajaran “Kim Jong Un”, pemimpin negara tersebut.

Cina juga merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan yang mengerikan. Bagaimana tidak, mereka yang sekolah di Cina, siswa SMA harus berada di sekolah pada pukul 06.30 hingga pukul 19.00.

Bahkan jika ada tambahan pelajaran, mereka akan berada di sekolah hingga pukul 22.30.

(Baca juga: 7 foto seleb Indonesia Jaman dulu. Bisa tebak siapa?)

Tidak lebih baik dari negara-negara tetangganya, sistem pendidikan di Jepang juga sama parahnya. Bagaimana tidak, siswa harus bersekolah hingga pukul 19.00 dan hari sekolahnya tidak dapat ditentukan.

Bisa jadi hari Sabtu merupakan hari aktif sekolah. Bagi yang tidak mematuhi, akan mendapatkan hukuman.

Pendidikan di Hongkong dibagi menjadi 2 tingkat, yakni Junior dan Senior. Pengelompokan juga kembali dilakukan dari tingkat 1 hingga tingkat 3. Tingkat 1 paling prestise dan tingkat 3 merupakan paling parah. Tidak hanya itu, ujian juga dilakukan 2 kali.

(Baca juga: 10 Seleb Korea yang jago akting sedih. Bikin kita ikutan nangis)

Israel menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan yang cukup baik. Sayangnya murid di Israel dipaksa untuk bersekolah selama 215 hari. Israel berada di peringkat keempat sebagai negara dengan durasi sekolah terlama.