3 Jasa Amalia Hernandez, Koreografer Balet yang Jadi Google Doodle Hari Ini. Sudah Tahu?

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 19 September 2017 | 03:34 WIB
Sumber foto: http://google.com/ (Kinanti Nuke Mahardini)

Google kembali membuat Doodle untuk tokoh berjasa. Pada 19 September 2017, Google membuat Doodle seorang perempuan yang dianggap berjasa bagi dunia dan negaranya. Siapakah sosok tersebut?

Google Doodle hari ini adalah Amalia Hernandez, seorang koreografer balet asal Meksiko. 19 September 2017 merupakan perayaan ulang tahunnya yang ke 100. Amalia meninggal tahun 2000, namun ia berjasa banyak bagi kebudayaan Meksiko. Apa saja? Berikut 3 jasa Amalia Hernandez, koreografer balet yang jadi Google Doodle hari ini. Sudah tahu?

Amalia merupakan pencipta kelompok penari Ballet Folklorico de Mexico. Kelompok penari ini mengembangkan ensambel khas Mexico dengan nilai-nilai tradisi yang kental.

Amalia melakukan tur pertunjukan hingga ke Amerika Utara dan mewakili Meksiko dalam Pan American Games tahun 1959. Hal yang dilakukan oleh Amalia berhasil membuat budaya Meksiko, khususnya tarian, terkenal hingga ke seluruh dunia.

(Baca juga: 10 Seleb Korea yang Jago Akting Sedih Sampai Bikin Kita Ikutan Nangis)

Melalui kelompok penarinya, Amalia mewadahi penari balet di Meksiko. Kelompok yang ia ciptakan awalnya hanya beranggotakan delapan orang penari, lalu tumbuh menjadi 300 orang penari, dan masih aktif tampil hingga sekarang.

Kelompok penari yang dibentuk oleh Amalia Hernandez ini pertama menampilkan tariannya di televisi pada tahun 1954. Setelah penampilan pertama mereka, kelompok tersebut rutin tampil dalam siaran mingguan. Pencapaian yang luar biasa pada zaman itu!

(Baca juga: Nam Tae Hyun dan 2 seleb ini Dapat Voting Tertinggi Akting Terburuk)