10 Skandal Seleb Korea Paling Mengejutkan dan Bikin Kita Enggak Nyangka!

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 26 Desember 2017 | 13:50 WIB
foto: straitstimes.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Industri Kpop tidak selamanya indah. Terbukti dalam beberapa tahun terakhir, terdapat beberapa skandal yang memperburuk sejarah KPop. Mulai dari skandal narkoba, kecelakaan mobil, dan banyak lagi.

Berikut 10 skandal seleb Korea paling mengejutkan dan bikin kita enggak nyangka.

Karir Park Bom terpaksa harus sedikit meredup setelah ia kedapatan menyelundupkan narkoba jenis amfetamin dari Amerika Serikat ke Korea Selatan. Ia mengonsumsi narkoba jenis tersebut karena trauma dan depresi yang dialaminya.

Dokter di Amerika juga menyebutkan bahwa obat tersebut merupakan resep, tapi sayangnya obat tersebut tergolong ilegal di Korea. YG Entertainment pada akhirnya merilis pernyataan resmi tentang kondisi Park Bom. Sayangnya, publik Korea terlanjur membenci Park Bom terutama saat tampil di MAMA Awards tahun 2015.

Skandal mengejutkan ketika Tao meninggalkan EXO dan menggugat agensinya karena tidak pernah membayar gaji dan hal mengerikan saat trainee. Hal tersebut terus berlanjut ketika Ayah Tao, seorang konglomerat China terlibat dalam kontroversi ini dengan menggunggah situasi Tao di media sosial.

Segalanya terungkap ketika ternyata Tao bekerja di salah satu agensi di China dan melakukan karir solo padahal karirnya dengan SM belum berakhir. Sejak saat itu, ia dianggap sebagai pengkhianat pada industri Kpop.

Dua rekan senegaranya, Kris dan Luhan juga melakukan hal yang sama dengan Tao. Ketiganya meninggalkan EXO saat EXO sedang berada di puncak karir.

(Baca juga: 7 Web Drama Korea Romantis di Paruh Kedua 2017. Wajib Tonton!)

Kim Hyun Joong menjadi salah satu seleb cowok yang dibenci oleh publik korea. Ia tertuduh memperkosa pacarnya di tahun 2014. Ia dikenakan kasus hukum atas perbuatannya ini.

Beberapa bulan kemudian, isu ini kembali muncul ketika pacarnya hamil dan meminta pertanggungjawaban. Kim Hyun Joong justru menyuruh aborsi dengan memanggil pacarnya ‘babi.’

Sejak saat itu fans sudah kehilangan resepct padanya. Hal tersebut diperparah dengan fakta ternyata ini merupakan aborsi keempat.

Menjadi berita yang mencengangkan karena ternyata Eli U-KISS telah menikah diam-diam dan istrinya telah hamil. Ia menceritakan seluruh kisahnya ketika menikah diam-diam melalui media sosial.

Ia mengatakan bahwa ia bingung harus memilih karir atau keluarganya. Meskipun menikah, dia tetap melanjutkan karirnya.

T.O.P, kedapatan mengonsumsi mariyuana bersama seorang trainee sebelum wajib militer. T.O.P melakukan hal ini Oktober 2016 namun baru terungkap Juni 2017 lalu.

Fakta tersebut membuat TOP dicopot dari wajib militer dan mendapatkan kasus hukum atas perlakuannya. T.O.P juga sempat depresi hingga akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Universitas Enhwa. Ia sempat enggak sadar selama 2 hari.

T.O.P sempat menghilang dari industri Kpop. Kini ia harus mengulang wajib militernya dan tidak diperkenankan untuk mendaftar kepolisian. T.O.P mendapatkan hukuman 10 bulan penjara dengan 2 tahun masa percobaan dan denda 12 ribu won (sekitar Rp 150.000,-)

(Baca juga: Descendant of The Sun Dibuat Versi Pakistan. Ini Aktor Keren yang Jadi Kapten Yoo Shi Jin)

Park Yoo Chun mengagetkan publik dengan kasus yang menimpanya. Ia diduga melakukan tindakan prostitusi karena mengajak seorang cewek bernama A berhubungan seksual dan ia akan membayarnya. Sayangnya Yoo Chun tidak membayarnya. Tidak hanya itu, ia terlapor memperkosa empat cewek di toilet.

Setelah melalui proses penyelidikan oleh kepolisian setempat, ia dinyatakan tidak bersalah atas kasus hukum yang menimpanya. Ia bebas, namun namanya sulit dibersihkan dari kasus tersebut.

Publik dikejutkan dengan Jessica yang meinggalkan SNSD ketika Jessica curhat di media sosial dan bilang kalau dia dikeluarkan dari grup yang bersamanya hampir 10 tahun.

Saat itu, Jessica mulai merintis bisnis fashion. Belum diketahui alasan yang sebenarnya, tapi sekarang Jessica sukses bersama Blanc & Eclare, bahkan bisnisnya yang mulai melebar ke Amerika dan Inggris.

Onew SHINee terpaksa digiring ke pengadilan atas kasusnya. Ia dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seornng perempuan sebanyak 3 kali di sebuah diskotik di Gangnam. Kasus yang menimpanya juga terpaksa membuatnya mundur dari drama Age of Youth 2 dan tidak tampil di konser SHINee di Jepang.

(Baca juga: 12 Quotes Disney yang Jarang Diketahui ini Bakal Bikin Hati Kita Meleleh!)

Tiffany dituduh tidak mencintai dan menghargai Korea Selatan sebagai negaranya. Pasalnya, ia menguggah foto dengan emotikon bendera Jepang dan lebih parahnya lagi ia mengunggah snapchat dengan gambar bendera matahari terbit. Hal tersebut menjadi skandal karena ia mengunggah foto tersebut pada tanggal 15 Agustus bertepatan dengan kemerdekaan Korea Selatan.

Publik Korea Selatan tidak terima karena dulu Jepang pernah menjajah Korea Selatan. Kasus ini jadi heboh karena banyak pemberitaan salah soal hal ini. Tiffany meminta maaf kepada publik atas perlakuannya tersebut dan keluar dari Sister Slam Dunk, variety show yang dibintanginya.

T-ARA kehilangan cintanya dari publik sejak seluruh member T-ARA dirumorkan membully Hwayoung. Kebenaran terungkap setelah beberapa staf menyampaikan bahwa semua yang dikatakan Hwayoung tidaklah benar.

Pada salah satu kasus, ia menyebutkan bahwa kakinya patah dan berjuang untuk melanjutkan konser. Nyatanya, ia tidak patah tulang justru ia pergi ke Rumah Sakit lain agar kakinya di gips. Kini semuanya telah mereda, T-ARA mantap berenam dengan formasinya, meski karier T-Ara tidak lagi secemerlang dulu.