13 Lagu BTS Ini Dilarang Tayang di Stasiun TV Lokal Korea Selatan

By Putri Saraswati, Sabtu, 19 Mei 2018 | 09:30 WIB
Deretan lagu BTS ini dilarang siar karena menyebut beberapa merek terkenal dan menggunakan lirik yang vulgar. (Putri Saraswati)

BTS dikenal sebagai salah satu grup K-Pop yang tiap membernya aktif berkontribusi dalam proses pembuatan lagu. Cara mereka menyampaikan pesan dalam tiap lagunya pun bisa dibilang cukup ekspresif dan frontal. Hal ini membuat beberapa stasiun tv lokal yang memang segmentasi audiensnya adalah keluarga melarang siar beberapa lagu BTS nih.

Berikut 13 lagu BTS yang dilarang siar oleh stasiun tv lokal Korea Selatan.

KBS baru-baru ini melarang siar empat lagu dari mini album terbaru BTS, yakni “Pied Piper”, “Go Go”, Skit: Billboard Music Award Speech”, dan hidden track “Sea”. Menurut penjelasan pihak KBS, empat lagu ini dilarang siar karena menyebut beberapa merek barang tertentu, serta menggunakan bahasa slang dan vulgar.

Lagu “Whalien52”, “Dope”, “Intro”, & “Ma City” dilarang siar karena menyebut beberapa merek barang terkenal. Tiga lagu lainnya dari album yang sama, yakni “Converse High”, “Heungtan Sonyeondan/Fun Boys/BTSDISS”, & “Lovers High” juga dilarang dengan alasan yang serupa.

Pada “Converse High”, BTS menyebut merek, seperti ‘Converse’, ‘Chanel’, ‘F your Alexander McQueen”. Sedangkan pada lagu “BTSDISS”, terdapat frasa Tiongkok “chi fan le ma” (apakah kamu sudah makan?) yang dalam Bahasa Korea terdengar seperti umpatan.

Lagu “Outro: Wings” dilarang siar karena terdapat lirik, “Saeggiya, don’t be scared.” Kata ‘saeggiya’ ini digunakan oleh orang yang lebih tua ketika menyapa orang yang lebih muda, tapi dalam konteks yang kotor atau kurang sopan.

(Baca jugaBegini Jadinya Kalau BTS Jadi Tetangga Satu Komplek)