Wajib Tahu, Ternyata Ini Cara Mengonsumsi Cuka Apel. Bukan Diminum!

By Debora Gracia, Rabu, 29 November 2017 | 13:45 WIB
Jangan minum cuka apel secara langsung, girls! (Debora Gracia)

Cuka apel atau yang biasa disebut ACV (apple cider vinegar) adalah produk yang sudah sering kita dengar dan memberi banyak manfaat kesehatan. Minuman fermentasi ini disebut bisa membantu untuk mengurangi jerawat di wajah, bisa menyembuhkan sakit maag, sakit tenggorokan, hingga bisa membantu proses penurunan berat badan. Mengandung enzim, probiotik, dan mineral, cuka apel memang terbukti baik untuk kesehatan, dan bahkan sudah dibuktikan oleh para ahli dai Arizona State University. Tapi, sebaiknya kita tahu cara mengonsumsi cuka apel dengan benar. Bukan diminum secara langsung, girls!

Penelitian yang ditulis dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan kalau cuka apel bisa membantu mencegah akumulasi lemak tubuh dan penambahan berat badan. Enggak heran, kalau banyak orang yang mengonsumsi cuka apel selama proses penurunan berat badan. Tapi menurut Keri Glass, MS, RD, pendiri Nutritious Life, manfaat peluruhan lemak bisa maksimal kalau kita makan karbohidrat komplek yang dibandingkan karbohidrat sederhana.

Karbohidrat komplek ada pada sayuran, biji-bijian, kentang, dan kacang-kacangan. Sedangkan karbohidrat sederhana adalah nasi putih atau pasta tepung putih, yang banyak mengandung gula. (Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Cuka Apel, Ini 4 Cara Mengonsumsinya)

Mengonsumsi cuka apel bukanlah dengan cara diminum, tapi dengan mencampurkannya dengan bahan makanan lain, seperti pada minuman atau memakannya bersama salad. Bahaya minum cuka apel langsung bisa menyebabkan kerusakan serius pada mulut, enamel gigi, dan kerongkongan dari waktu ke waktu karena keasamannya.

Menurut Jaclyn London, MS, RD, CDN, selaku Direktur Nutrisi Good Housekeeping Insititute, jika kita suka dan ingin tahu manfaat maksimal dari cuka sari apel, bisa menggunakan sebagai saus salad. Cuka mengandung nol kalori, meningkatkan rasa, dan mampu menimbulkan risiko kesehatan yang rendah, kecuali bagi penderita asam lambung.

Tapi kalau enggak dibarengi dengan pola makan yang baik, ditambah cara mengonsumsinya yang kurang tepat, maka manfaat cuka apel enggak bisa dirasakan secara maksimal.

Kompas.com/Ayunda Pininta

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Diminum, Begini Cara Terbaik Konsumsi Cuka Apel"