Kenalan Yuk Dengan Dua Karakter Superheroes Cewek Indonesia di Komik Marvel & DC!

By Putri Saraswati, Senin, 2 Oktober 2017 | 10:32 WIB
Melati Kusuma / Komodo (kiri) dan Sujatmi Sunowaparti / Cascade (kanan) (Putri Saraswati)

Puluhan tahun eksis, komik Marvel dan DC menghadirkan banyak deretan karakter superheroes atau pahlawan di dalam masing-masing ceritanya. Tapi, tahu enggak ternyata di antara banyaknya superheroes keren tersebut, ada dua karakter pahlawan cewek asal Indonesia lho! Mereka adalah Melati Kusuma atau Komodo (Marvel) dan Sujatmi Sunowaparti (DC). Kenalan dengan dua tokoh ini yuk!

Karakter Melati diceritakan sebagai cewek asal Indonesia yang menempuh pendidikan di Universitas Empire State, Amerika Serikat. Akibat kecelakaan mobil yang menimpanya, kedua kaki Melati harus diamputasi yang membutnya bergantung pada kursi roda.

Karena kepandaiannya, Melati akhirnya diterima sebagai asisten laboratorium Dr. Curt Connors untuk mengembangkan penelitian mengenai formula regenerasi DNA. Setelah menyempurnakan formula, Melati menuji coba formula tersebut pada dirinya sendiri dan akhirnya membuatnya bermutasi menjadi sosok reptil, yakni Komodo.

Berbeda dengan Dr. Curt Connors yang berubah menjadi sosok monster reptil jahat, The Lizard, Melati mampu mengendalikan efek samping dari formula ini dan menjadikannya kekuatan utamanya sebagai seorang superhero. Melati bisa mampu menumbuhkan kembali bagian-bagian tubuhnya yang diamputasi. Dia juga punya kemampuan berubah wujud menjadi reptil dan manusa sesuka hati. Melati bahkan bergabung jadi salah satu anggota Avengers: The Initiative lho!

Sujatmi digambarkan sebagai sosok yang vokal dan aktif melawan pemerintahan yang otoriter. Saat sedang terjadi kerusuhan di tempatnya bekerja di Kalimantan, Sujatmi terkena radiasi dari radioactive isotope yang membangkitkan metagene dalam dirinya. Dalam dunia DC, metagene adalah gen yang terdapat pada beberapa manusia yang bisa terpicu dan menjadikan manusia itu punya kekuatan super.

Sujatmi atau Cascade punya kemampuan untuk bertransoformasi menjadi elemen air serta mengendalikan dan memanipulasi air menjadi berbagai macam bentuk sesuai keinginannya. Cascade kemudian bergabung dengan Global Guardians, kelompok superhero DC dari berbagai belahan dunia.

Sayang, kisah Cascade ini enggak terlalu banyak diceritakan. Dilansir dari says,com, hampir semua kemunculannya dalam komik adalah sebagai cameo