5 Pelajaran Cinta Paling Penting yang Bisa Kita Ambil dari Film Jomblo

By Putri Saraswati, Kamis, 5 Oktober 2017 | 07:16 WIB
Film 'Jomblo' (2017) (Putri Saraswati)

Tepat hari ini, Kamis (5/10), film 'Jomblo' hadir menyapa para penikmat film tanah air. 'Jomblo' merupakan adaptasi dari novel karya Adithya Mulya dan remake film berjudul sama yang rilis tahun 2006. D

Film ini berkisah tentang empat sekawan jomblo, Agus, Olaf, Doni, dan Bimo, yang berusaha menemukan cinta dengan caranya masing-masing. Bukan cuma menghadirkan adegan-adegan lucu khas anak muda, 'Jomblo' ternyata juga menyisipkan beberapa pelajaran cinta penting yang bisa kita ambil nih. Intip yuk!

Pelajaran yang satu ini kita ambil dari kisah cintanya Olaf. Saking takutnya ditolak oleh sang pujaan hati, Olaf rela memendam perasaannya selama 3 tahun. Bukan cuma memendam, Olaf bahkan enggak berani ngajak kenalan. Dalam percintaan tuh kemungkinan selalu 50:50, ditolak atau diterima. Ditolak pasti sakit banget rasanya. Tapi, lebih sakit menunggu tanpa kepastian kan? Jadi, enggak perlu takut gagal, gilrs!

Doni tuh playboy banget. Hobinya mainin perasaan cewek. Dia enggak pernah sekalipun menempatkan dirinya di posisi cewek-cewek yang dia sakitin. Tapi, karena karma itu nyata, Doni pun akhirnya dapat balasan yang setimpal. Nah, belajar dari Doni, kita harus memperlakukan gebetan atau pacar sebagaimana kita pengin diperlakukan oleh mereka nih, girls. Kalo kamu enggak suka digantungin, ya jangan gantungin perasaan gebetan juga. Kalau kamu enggak suka dibohongin, ya jangan sekali-kali bohongin pacar. 

Agus sempat kecewa nih ketika menyadari kalau ternyata pacaran tuh enggak seindah yang dia bayangin. Dia lantas menyalahkan sang pacar yang menurutnya bikin hubungan mereka jadi membosankan dan penuh tekanan. Tapi, Agus lupa buat merefleksi diri. Dia enggak sadar kalau dirinya juga punya andil dalam hubungan itu. Sama seperti Agus, kita juga harus sering berkaca diri nih. Jangan bisanya cuma menuntut pacar untuk ini dan itu, tapi kemudian lepas tangan saat pacar menyampaikan keluhannya tentang diri kita. Bicarakan baik-baik berdua dan temukan jalan tengahnya. 

Bimo termasuk orang yang gigih banget nih dalam urusan mengejar cinta. Demi mendapatkan pasangan yang dia idam-idamkan, Bimo aktif di banyak situs online dating. Sayangnya, Bimo enggak pede dengan penampilan dirinya. Dia justru pakai foto wajah atau tubuh orang lain saat chatting bareng cewek yang pada akhirnya jadi sumber masalah. Enggak masalah sih pengin tampil dengan versi diri yang paling oke saat PDKT. Tapi, jangan sampai kita menyembunyikan jati diri dan karakter kita yang sesungguhnya pada gebetan atau pacar. Enggak ada yang bisa ngalahin perasaan bahagia dicintai atas diri kita apa adanya, girls. 

Udah membuka diri dan mencoba menjalin hubungan tapi gagal terus? Mungkin emang kita belum siap pacaran nih. Enggak perlu minder atau merasa tertekan karena teman-teman yang lain udah pada punya pacar. Semua orang punya waktunya masing-masing. Lagian menjomblo tuh enggak masalah kok. Kita bisa mengeksplor dan belajar banyak hal dengan bebas. Dan, yang paling penting kita bisa mengenal dan memahami diri kita dengan lebih baik. Jadi, nanti saat waktu dan orang yang tepat tiba, kita tahu siapa diri kita dan apa yang kita mau dalam suatu hubungan. Setuju, girls?