8 Mitos Sehari-Hari yang Banyak Beredar di Masyarakat, Tapi Kebenarannya Belum Terbukti

By Kinanti Nuke Mahardini, Senin, 12 Februari 2018 | 09:50 WIB
foto: dramabeans.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Mitos merupakan sebuah cerita yang beredar di masyarakat. Entah dari mana asal-usulnya yang jelas dari jaman ibu kita masih kecil sampai kita lahir mitos tersebut sudah turun temurun.

Meskipun belum diketahui kebenarannya, namun mitos menjadi salah satu hal yang sangat dipercaya oleh masyarakat. Benar atau tidak, kita harus percaya bahwa hal tersebut bertujuan untuk kebaikan kita.

Nah, berikut 8 mitos sehari-hari yang banyak beredar di masyarakat tapi kebenarannya belum terbukti.

(Baca juga: 9 Kartun Terkenal yang Sedikit Scene-nya Berubah di Negara Lain. Kok Bisa?)

Enggak boleh duduk di depan pintu

Pas kecil kita enggak boleh duduk di depan pintu. Soalnya kalo kita duduk di depan pintu nanti jodohnya susah masuk. Bener enggak tuh? Padahal kayaknya biar enggak ngehalangin orang lain kalau mau masuk ya!

Pake cincin harus di jari tengah atau jari manis

Pake cincin harus di jari tengah dan jari manis. Kenapa? Kalau pake cincin di jari telunjuk terutama, kita nanti bakal kejatuhan ular. Hmm, kira-kira benar enggak ya?

Kalo nyapu harus bersih

Ini mitos yang paling sering didenger. Nyapu itu harus bersih kalau enggak suaminya brewokan. Lah, kalau brewokannya kayak Zayn gimana? Haha! Belum ada kebenaran pasti soal mitos ini, tapi kalau nyapu ya harus bersih.

(Baca juga: Foto 12 Seleb Korea Waktu Mau Masuk Wajib Militer. Bikin Pangling Tapi Tetap Keren!)

Makan harus habis

Buat yang punya hewan peliharaan, kalau makan harus habis. Mitosnya kalau makannya enggak habis, hewan peliharaan kita bakal mati.

Buat yang enggak punya hewan peliharaan berarti aman? Enggak aman karena makanan sisa itu bakal nangis. Hm, sebenarnya biar enggak mubazir aja sih ya.

Kalau masak harus tuntas

Kalau masak harus tuntas, maksudnya kalau masak misal bikin sambel yang ulek sambelnya satu orang aja. Kalau ganti-ganti nanti rasanya bakal berbeda.

Mimpi buruk harus diceritain

Ini salah satu mitos di daerah Jawa Tengah. Kalau malamnya kita mimpi buruk, paginya harus diceritain atau mimpi kita bakal jadi nyata. Bener enggak?

Enggak boleh tidur antara waktu Ashar & Maghrib

Ketika orangtua kita ditanya "kenapa" jawabannya akan beragam. Beberapa dari orang tua menjawab kita akan sakit, sial, dan tidak mendapat rejeki.

Maghrib harus udah di rumah

Ini yang sudah sering dilanggar. Katanya kalau maghrib belum di rumah, anak-anak bisa diculik sama hantu. Serem!

(Baca juga: 15 Kata-kata Indah Dalam Bahasa Inggris yang Enggak Banyak Diketahui. Mana Favoritmu?)